Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Senjata Bushmaster AR-15 Siap Masuk "Kotak"

Kompas.com - 11/01/2013, 13:50 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com — Rancangan pengurangan kekerasan bersenjata di Amerika Serikat termasuk larangan penggunaan senjata Bushmaster AR-15. Senjata ini jadi pencabut nyawa di Newton.

Wakil Presiden AS Joe Biden mengatakan, timnya akan mengupayakan pengurangan kekerasan bersenjata. Pokok-pokok mengenai kebijakan itu disampaikan kepada Presiden Barack Obama pada Selasa (15/1/2013) mendatang. "Kebijakan itu termasuk pengecekan latar belakang para pembeli senjata," kata Biden sebagaimana warta Xinhua pada Jumat (11/1/2013).

Biden di Washington juga mengatakan bahwa kebijakan tersebut bakal digarap serius. Pasalnya, ia tak ingin kejadian penembakan-penembakan brutal yang menewaskan banyak orang tak berdosa terulang.

Berkenaan dengan hal itu, imbuh Biden, dirinya membentuk gugus tugas. Salah satu anggotanya adalah Jaksa Agung AS Erick Holder.

Secara rinci, gugus tugas itu pun bakal melarang penggunaan senjata Bushmaster AR-15. Senjata ini digunakan oleh pelaku saat penembakan di sekolah Newton beberapa waktu silam.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com