Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mantan Gubernur dan Bos Google Lakukan Misi Pribadi

Kompas.com - 09/01/2013, 03:04 WIB

Pyongyang, Selasa - Mantan Gubernur New Mexico, Amerika Serikat, Bill Richardson dan Komisaris Utama Google Eric Schmidt, Senin (7/1), tiba di Pyongyang, Korea Utara, untuk misi pribadi yang kontroversial yang antara lain berupa upaya membebaskan seorang warga AS yang ditahan.

”Ini sebuah misi kemanusiaan pribadi, tidak ada hubungannya dengan Pemerintah AS,” kata Richardson, yang juga mantan Dubes AS untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa, di bandara Beijing, China, sebelum berangkat menuju Pyongyang.

”Kami akan berada di Pyongyang, mungkin untuk dua setengah hari. Kami mungkin akan ke luar kota itu. Kami akan tahu saat tiba di sana,” katanya.

Nolan Barkhouse, juru bicara Kedutaan Besar AS di Beijing, juga menegaskan, kunjungan Richardson dan Schmidt tak ada hubungannya dengan Pemerintah AS.

Kantor berita resmi Korut, KCNA, mengumumkan kedatangan mereka di Pyongyang sebagai ”delegasi Google AS yang dipimpin oleh mantan Gubernur New Mexico Bill Richardson”.

Delegasi itu mengupayakan pembebasan Kenneth Bae, pemandu wisata AS keturunan Korea yang ditahan Korea Utara tahun lalu. Pekan lalu, Richardson mengatakan, putra Bae menghubunginya untuk meminta bantuan.

Korut di masa lalu pernah setuju untuk menyerahkan tahanan asal AS pada delegasi yang dipimpin beberapa tokoh, seperti mantan Presiden Bill Clinton.

Richardson telah beberapa kali mengunjungi Korut dalam dua dekade terakhir. Dia juga telah terlibat dalam negosiasi pembebasan warga negara AS yang ditahan di negara itu.

Sejumlah pengamat mengatakan, mungkin negara tersebut telah meminta partisipasi komisaris Google itu dalam kasus tersebut.

Departemen Luar Negeri AS menyatakan keprihatinannya mengenai delegasi itu. Menurut juru bicara Deplu AS Victoria Nuland, kunjungan itu dilakukan pada saat yang salah setelah Pyongyang meluncurkan roket bulan lalu.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com