Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebulan di Laut, Dua Nelayan Diselamatkan Tentara

Kompas.com - 23/12/2012, 08:46 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com - Nasib baik masih menaungi John Sobah dan Everton Gregory. Dua nelayan asal Jamaica itu akhirnya diselamatkan tentara angkatan laut Kolombia setelah nyaris sebulan lamanya terkatung-katung di laut lepas. Media Go- Jamaica melaporkan hal tersebut pada Minggu (23/12/2012).

Awalnya, kedua nelayan asal wilayah St. Thomas Parish, pantai tenggara Jamaica itu melaut untuk mencari ikan. Setelah tiga hari perjalanan, mesin kapal mereka rusak. Alhasil, mereka terbawa arus dan kehilangan arah.

Menurut catatan regu penolong, keduanya dinyatakan hilang sejak 24 November 2012. Sementara itu, sedikitnya, mereka telah menempuh jarak 800 kilometer dari kampung halaman. "Selama tersesat mereka hanya makan ikan dan minum dari lelehan es yang dipakai untuk menjaga ikan tangkapan tetap segar,"kata regu penyelamat Kolombia.

Adalah helikopter angkatan laut Kolombia yang tengah berpatroli di wilayah kelautan negara itu yang menemukan mereka. Kemudian, kapal tim penolong sampai ke lokasi dua hari berselang.

Setelah mendapatkan perawatan di rumah sakit Kolombia lantaran dehidrasi, malnutrisi, dan penurunan suhu tubuh yang ekstrem, keduanya diterbangkan kembali ke rumah masing-masing.    

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com