Kompas.com - 21/12/2012, 14:03 WIB
EditorEgidius Patnistik

TOKYO, KOMPAS.com - Tiga kapal China memasuki perairan Jepang di dekat Kepulauan Senkaku yang disengketakan, Jumat (21/12) pagi. Kapal-kapal itu tetap berada di lokasi tersebut meskipun ada peringatan dari sebuah kapal Penjaga Pantai Jepang, kata para petugas penjaga pantai.

Langkah China itu melanjutkan perselisihan antara kedua negara yang sudah berlangsung sejak beberapa dekade lalu.

Minggu lalu, Jepang bergegas meluncurkan sejumlah jet tempur ke dekat pulau-pulau kecil di Laut China Timur itu setelah beberapa pesawat China terlihat di sana.

Kapal-kapal pemerintah China telah berulang kali memasuki perairan di sekitar pulau-pulau berbatu dan terpencil itu sejak pemerintah Jepang pada September mengumumkan pemerintah Jepang telah membeli beberapa pulau itu dari sejumlah pemilik swasta.

Kapal-kapal Pejaga Pantai Jepang telah terlibat dalam permainan kucing dan tikus dengan kapal-kapal China. Kedua belah pihak saling menyiarkan pesan yang menegaskan bahwa mereka punya kedaulatan teritorial atas wilayah tersebut.

Para analis mengatakan, dengan mengirimkan kapal patrolinya ke daerah itu, China menantang kontrol defacto Jepang selama 40 tahun terakhir atas pulau-pulau tersebut.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.