Kalahkan Nokia, Samsung Jadi Raja Ponsel Dunia

Kompas.com - 20/12/2012, 09:23 WIB
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com — Empat belas tahun sudah Nokia memimpin pasar ponsel dunia. Namun, pada tahun 2012 ini, Nokia harus menyerahkan gelar tersebut kepada produsen ponsel asal Korea, Samsung. Pasar ponsel yang dikuasai Samsung ini mencakup semua jenis ponsel, baik feature phone maupun smartphone.

Menurut hasil analisis dari lembaga survei IHS iSuppli, pada tahun 2012 ini, Nokia hanya berhasil menyumbang 24 persen dari pengiriman ponsel di seluruh dunia. Nilai tersebut secara signifikan turun dari angka 30 persen pada tahun 2011.

Sedangkan Samsung, berkat produk ponsel Galaxy S3, berhasil naik ke posisi pertama dengan nilai 29 persen, meningkat 5 persen dari tahun 2011 yang lalu. Prestasi ini dapat dikatakan sangat istimewa bagi Samsung karena ini adalah pertama kalinya bagi perusahaan tersebut menduduki posisi pertama.

Di posisi ketiga, terdapat Apple dengan nilai 10 persen, diikuti ZTE dan LG dengan nilai masing-masing sebesar 6 persen dan 4 persen.

Slashgear

Selain memimpin pasar ponsel secara global, Samsung juga berhasil menjadi pemimpin pasaran ponsel pintar (smartphone). Pada tahun 2012 ini, Samsung berhasil menyumbang 28 persen ponsel pintar secara global, meningkat 8 persen dari tahun 2012.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Di tempat kedua, Apple terus berupaya mengejar Samsung dengan perolehan angka 20 persen, hanya meningkat 1 persen dari tahun 2011.

Uniknya, selisih poin antara Samsung dan Apple terlihat semakin menjauh pada tahun 2012 ini. Apabila tahun 2011 hanya ada perbedaan 1 persen, maka di tahun ini sudah ada perbedaan sebesar 8 persen.

Menurut IHS, pengiriman smartphone dunia meningkat 35,5 persen pada tahun ini, sedangkan pengiriman ponsel hanya meningkat 1 persen. Dari angka tersebut bisa disimpulkan penetrasi dari smartphone pada tahun ini adalah sebesar 47 persen, meningkat dari 35 persen pada tahun 2011 yang lalu.



25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X