Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pablo Bikin Kerugian Miliaran Peso

Kompas.com - 12/12/2012, 11:50 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com — Hitung-hitungan Dewan Nasional Penanggulangan Bencana Alam Filipina (NDRRMC) menunjukkan kalau topan Pablo alias Bopha menimbulkan kerugian hingga 14 miliar peso. Angka ini, tulis AP pada Rabu (12/12/2012), setara dengan 341,96 miliar dollar AS.

Secara rinci, lembaga itu menyatakan sektor pertanian adalah sektor yang paling dirugikan oleh bencana alam itu. Angkanya mencapai 9,5 miliar peso atau 232,05 juta dollar AS.

Di belakang sektor pertanian, ada sektor infrastruktur. Sektor ini menderita kerugian hingga 4,5 miliar peso atau 109,92 juta dollar AS.

Menurut NDRRMC, Pablo menghantam 19 jembatan dan 9 jalan raya hingga luluh lantak. Lalu, 37 lokasi dan 6 wilayah tergerus air hingga rusak.

Sementara itu, perbaikan komunikasi masih berlangsung di kawasan Compostella Valley. Di Davao Oriental, kata NDRRMC, cuma tiga wilayah yang terganggu jalur komunikasinya oleh topan tersebut.

Sampai berita ini diunggah, jumlah korban tewas topan Bopha ada 740 orang. Kemudian, jumlah orang hilang ada 890 jiwa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com