Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pakar Roket Iran Berada di Korea Utara

Kompas.com - 10/12/2012, 10:27 WIB

PYONGYANG, KOMPAS.com — Sebuah laporan, Senin (10/12/2012), menyatakan sekelompok pakar misil Iran berada di Korea Utara untuk menawarkan bantuan teknis dalam uji coba peluncuran misil jarak jauh Korea Utara yang banyak dikecam dunia internasional.

Para ahli Iran ini diundang Pyongyang setelah kegagalan peluncuran roket pada April lalu. Demikian harian Chosun Ilbo mengutip pernyataan seorang pejabat Korea Selatan.

"Sebuah mobil terlihat di lokasi peluncuran dan terlihat bergerak bolak-balik dari sebuah fasilitas akomodasi di dekat lokasi peluncuran. Diyakini mobil itu membawa para pakar Iran," demikian Chosun Ilbo mengutip seorang pejabat Korsel yang tak ingin disebut namanya.

"Tampaknya hubungan antara Korea Utara dan Iran dalam urusan pengembangan misil sudah terjalin sejak 1980-an kini lebih ekstensif dari sebelumnya," tambah pejabat itu.

Awal bulan ini, kantor berita Jepang Kyodo mengutip sumber diplomat Barat mengungkapkan, Iran menempatkan staf pertahanan di Korea Utara sejak Oktober lalu. Penempatan staf pertahanan ini untuk mempererat kerja sama pengembangan misil dan nuklir kedua negara.

Baik Korea Utara maupun Iran keduanya kini terkena sanksi atas aktivitas pengembangan nuklir dan kedua negara sama-sama menganggap Amerika Serikat sebagai musuh besar mereka.

Sebuah kawat diplomatik AS yang bocor pada 2010 meyakini Iran menerima bagian-bagian misil balistik dari Korea Utara. Laporan sanksi PBB 2011 menduga kedua negara saling berbagi teknologi misil balistik.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com