Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Roket Korut Sudah di Lokasi Peluncuran

Kompas.com - 03/12/2012, 14:15 WIB

SEOUL, KOMPAS.com - Sebuah laporan menyatakan Korea Utara sudah menempatkan tingkat pertama roket jarak jauhnya di lokasi peluncuran. Korea Utara berencana meluncurkan roket jarak jauhnya bulan ini, meski dunia internasional menyerukan pembatalan peluncuran.

Tingkat pertama roket ini sudah diletakkan dalam posisi peluncuran di pusat peluncuran roket di Sohae, Korea Utara. Demikian sumber pemerintah Korea Selatan seperti dikutip kantor berita Yonhap.

Dalam pemberitahuan kepada negara-negara tetangganya, Pyongyang mengatakan peluncuran akan dilakukan antara pukul 07.00 pagi hingga tengah hari waktu setempat, antara tanggal 10 dan 22 Desember.

Berdasarkan pemberitahuan itu, tingkat pertama roket akan jatuh ke Laut Kuning di lepas pantai barat Semenanjung Korea. Sedangkan tingkat kedua akan jatuh di laut sekitar 190 km sebelah timur Filipina.

Rencana peluncuran roket Korea Utara ini memaksa utusan nuklir Korea Selatan, Lim Sung-nam dijadwalkan bertemu dengan para duta besar dari China, Rusia dan Jepang di Seoul, Senin (3/12/2012).

China, sekutu terdekat Korea Utara, menyatakan "prihatin" atas rencana peluncuran roket ini. Kementerian Luar Negeri China mendesak para pihak untuk bertindak dengan cara yang lebih kondusif untuk menjaga stabilitas Semenanjung Korea.

Pada Sabtu pekan lalu, pemerintah Korea Utara menyatakan akan meluncurkan roket jarak jauhnya antara tanggal 10 dan 22 Desember mendatang.

Amerika Serikat dan sekutunya di Asia, Korea Selatan dan Jepang mengecam keras rencana peluncuran roket jarak jauh ini dan menduga peluncuran ini adalah uji coba misil balistik yang melanggar resolusi PBB seperti dua uji coba nuklir pada 2006 dan 2009.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com