Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Belajar Terbang Bersama Pilot AirAsia

Kompas.com - 19/11/2012, 17:40 WIB
Ni Luh Made Pertiwi F

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - AirAsia Berhad (AirAsia) bekerja sama dengan KidZania (PT Aryan Indonesia) menyelenggarakan coaching clinic bertema “Fun, Educational and Rewarding Flying Experience for Young Passengers”. Acara yang berlangsung Senin (19/11/2012) pagi tersebut berlangsung di Metropolitan Theater of KidZania. Acara dibuka oleh Deputy City Mayor KidZania Jakarta George Aly Razi dan Commercial Director AirAsia Indonesia Bernard Francis.

“Sesuai dengan artinya, coaching clinic yang memiliki pengertian secara keseluruhan adalah pelatihan untuk anak-anak memainkan peran (role-play) seperti orang dewasa dengan diajarkan langsung oleh ahlinya atau pakar di bidang tersebut, maka kegiatan coaching clinic kali ini menghadirkan seorang pilot yang juga merupakan Director of Flight Operation AirAsia Indonesia, Kapten Imron Fadil Siregar, beserta perwakilan awak kabin AirAsia,” ungkap George Aly Razi.

Seperti termuat dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Kapten Imron berbagi pengalaman serta menceritakan perjalanan karirnya menjadi pilot dengan disisipi edukasi tentang kedirgantaraan. Ia juga memberikan pemahaman bagaimana mengatasi kekhawatiran ketika melakukan perjalanan dengan pesawat terbang.

Para peserta yang terdiri dari para anggota Skyrider Club AirAsia, perwakilan anak sekolah, perwakilan guru dan pengunjung reguler KidZania juga disuguhkan keterampilan tentang safety demo flight dan seluruh sistem yang terdapat di dalam cockpit pesawat, serta short quiz mengenai wawasan anak-anak tentang AirAsia.

“AirAsia sangat bangga dan berterima kasih telah diberikan kesempatan untuk menjadi bagian dari keluarga besar KidZania Jakarta. Besar harapan kami untuk memajukan pendidikan dan ilmu pengetahuan dunia penerbangan secara teori dan praktik, agar anak-anak dapat mempersiapkan diri untuk meraih cita-cita di masa depan,” tutur Bernard Francis.

KidZania sendiri merupakan taman wisata untuk anak-anak yang mengedepankan unsur pendidikan dan hiburan (edutainment) yang pertama di Asia Tenggara bagi anak-anak usia 2-16 tahun. Kidzania dirancang dan dibangun khusus menyerupai replika sebuah kota yang sesungguhnya namun dalam skala anak-anak.

Tempat ini dilengkapi dengan jalan raya, fasilitas kota seperti rumah sakit, supermarket, salon, theater, pabrik-pabrik dan masih banyak lagi. Di kota ini anak-anak bisa memainkan peran atau profesi orang dewasa, seperti menjadi dokter, pilot, polisi, juru masak, ilmuwan dan lebih dari 100 profesi lainnya.

Salah satunya adalah Establishment AirAsia Flight Simulator of  KidZania. Wahana ini memberikan kesempatan kepada  anak-anak untuk  mengenal dan melakukan aktivitas berdasarkan pengalaman langsung dari kehidupan nyata semenjak usia dini.

Melalui establishment yang memiliki luas 84 meter persegi dan kapasitas maksimum sebanyak 26 orang ini, anak-anak akan bermain peran sebagai pilot dan pramugari. Peserta akan merasakan langsung mengendarai sebuah pesawat dengan menggunakan sistem kemudi pada pesawat yang sebenarnya.

Anak-anak juga bisa memilih berprofesi menjadi seorang pramugari yang mempraktikkan secara langsung penggunaan alat-alat keselamatan yang ada dalam pesawat seperti masker dan sabuk pengaman serta memberikan informasi apabila pesawat akan lepas landas atau mendarat kepada seluruh penumpang.

Seluruh aktivitas ini akan berlangsung selama 20 menit dan dalam melakukan aktivitasnya anak-anak dipandu oleh 4 orang Zupervisor terlatih dari KidZania. Sebagai imbalan karena mereka telah bekerja, mereka akan mendapat gaji berupa mata uang resmi KidZania sebesar 5 KidZos.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com