Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jemaah Haji Sulteng Tiba di Palu 17 November

Kompas.com - 15/11/2012, 16:56 WIB

PALU, KOMPAS.com - Rombongan jemaah haji asal Sulawesi Tengah dijadwalkan tiba di Palu pada Sabtu (17/11) pagi dengan dua kali penerbangan dari embarkasi Balikpapan.

"Saya sudah menghadap Pak Gubernur tentang rencana penjemputan secara simbolis. Hanya saja Pak Gubernur bertepatan ada acara di luar daerah pada hari Sabtu, maka penerimaan jamaah diwakilkan kepada wakil gubernur," kata Pelaksana Harian Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji, Zakat, dan Wakaf Kementerian Agama Sulawesi Tengah Moh Junaedi di Palu, Kamis (15/11/2012).

Jumlah jemaah haji yang akan dipulangkan dari Jeddah ke Tanah Air sebanyak 1.767 orang dari 1.773 orang yang diberangkatkan pada awal Oktober 2012.

Selama musim haji, tiga orang dari Sulawesi Tengah meninggal dunia, yakni dari Kota Palu, Tojo Unauna, dan Kabupaten Banggai masing-masing satu orang.

Tiga orang tersebut adalah Muh Satta (Kota Palu) meninggal di Mekkah (3/11/2012), Nurdia Laadam (Banggai) meninggal di Mekkah (9/10/2012) dan Dg Mesegeng (Tojo Unauna) meninggal di Mina (27/10/2012).

Sementara tiga orang lainnya pulang lebih awal karena menderita sakit. "Tiga orang jemaah kita kembali ke tanah air bergabung dalam kelompok terbang gabungan Balikpapan dan Manado," kata Junaedi.

Tiga jemaah itu, dua orang dari Kabupaten Banggai dan satu orang dari Donggala. Meskipun hari libur, namun khusus untuk Bidang Haji Kementerian Agama tetap melayani keluarga jemaah yang hendak mengambil stiker penjemputan.

Stiker tersebut dipasang di kendaraan yang digunakan menjemput haji khususnya kendaraan yang masuk ke dalam areal asrama haji.

Junaedi mengatakan, kelompok terbang yang tiba di Bandara Mutiara Palu pada 17 November adalah kelompok terbang 8, masing-masing dari Kota Palu 47 orang, Poso 167 orang, Tolitoli 108 orang dan Buol 31 orang. "Trip pertama tiba pukul 08.40 WITA sementara trip dua tiba pukul 12.00 WITA," katanya.

Pemulangan berikutnya yakni kelompok terbang 9 pada 19 November masing-masing dari Kota Palu 50 orang, Banggai 214 orang, Banggai Kepulauan 47 orang dan Tojo Unauna 39 orang.

Kelompok terbang 10 tiba di Bandara Mutiara Palu pada 20 November terdiri dari Kota Palu 127 orang dan Kabupaten Donggala 227 orang.

Kelompok terbang 11 pada 22 November masing-masing dari Kota Palu 354 orang. Pemulangan terakhir kelompok terbang 12 pada 23 November masing-masing dari Kota Palu 38 orang, Morowali 93 orang dan Kabupaten Parigi Moutong 199 orang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com