Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Reaksi Pasar atas Tugas Berat Presiden Obama

Kompas.com - 08/11/2012, 00:22 WIB

KOMPAS.com — Bursa saham sempat turun pada Rabu 7 November menanggapi terpilihnya Presiden Barack Obama yang harus berjuang meloloskan anggaran dari Kongres AS.

Pasar Wall Street di New York saat dibuka langsung turun 1,3 persen pada 13.069, sedangkan S&P 500 turun 1,4 persen pada 1.408.

Sementara indeks FTSE di London turun 0,8 persen dan di Jerman indeks DAX turun 1,5 persen, sedangkan indeks CAC-40 di Prancis turun 1,5 persen.

Masalah yang paling besar dihadapi pemerintahan Obama mendatang adalah yang disebut dengan "tebing fiskal" yang merupakan kombinasi dari pajak tinggi dengan pemotongan anggaran pemerintah yang akan langsung terjadi jika tidak dicapai kesepakatan anggaran baru dengan Kongres AS pada 1 Januari 2013.

Para ekonom sudah memperingatkan bahwa kegagalan mencapai kesepakatan dalam anggaran baru bisa memukul perekonomian AS kembali masuk ke dalam resesi.

"Reaksi awal yang mendukung sudah menguap dengan tugas berat untuk mengatasi tebing fiskal yang membayangi optimisme awal," tutur Andrew Wilkonson dari perusahaan konsultan ekonomi, Miller Tabak & Co, kepada kantor berita AP.

Tugas ekonomi Obama

Turunnya bursa saham di Amerika Serikat dan Eropa juga didorong oleh prakiraan yang dikeluarkan Komisi Eropa bahwa perekonomian negara-negara pengguna Euro akan menyusut 0,4 persen tahun ini dan hanya tumbuh 0,1 persen pada tahun mendatang.

Sejak memerintah tahun 2009 lalu, tugas terberat Presiden Obama adalah menangani perekonomian Amerika Serikat yang menderita resesi terburuk sejak zaman "Depresi Besar" tahun 1930-an.

Di masa jabatan kedua ini, selain masalah "tebing fiskal", masalah lain yang harus ditangani Obama adalah tingginya pengangguran yang tetap tinggi pada tingkat 9,7 persen.

Pertumbuhan ekonomi masih tetap lamban, sekitar 2 persen untuk kuartal ketiga yang jelas bukan berita baik untuk negara dengan perekonomian terbesar di dunia.

Sementara itu, program tunjangan kesehatan Medicare—untuk warga Amerika yang berusia 65 tahun ke atas dan penderita cacat—diperkirakan akan segera kehabisan dana pada tahun 2024.

Tugas Obama itu dibayang-bayangi dengan upaya diplomasi yang tidak mudah dengan Kongres Amerika Serikat dengan Senat yang dikuasai oleh Partai Demokrat, sementara mayoritas di Dewan Perwakilan Rakyat dipegang oleh Partai Republik.

Ikuti perkembangan pemilihan presiden AS dalam topik pilihan "Pemilu Amerika"

Bagaimana presiden AS dipilih? Baca artikel-artikel berikut:

- Pilpres Amerika, Langsung atau Tak Langsung
- 270, Angka Sakti Pilpres AS
- Mengenal Ke-12 "Battleground States"
- Apa Itu "Swing States" dan "Split Vote"
- Mengapa Pemilu Presiden AS Hari Selasa Pertama November?

 

 

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com