Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Usulan Indonesia Mulai Dibahas

Kompas.com - 23/10/2012, 02:27 WIB

JAKARTA, KOMPAS - Negara-negara anggota ASEAN memulai proses pembahasan Draf Nol usulan Indonesia terkait Kode Tata Berperilaku (COC) di Laut China Selatan, mulai Senin (22/10).

Draf Nol usulan Indonesia itu sebelumnya diajukan dalam pertemuan antarmenteri luar negeri se-ASEAN di sela-sela Sidang Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa di New York, Amerika Serikat, bulan lalu.

Hal itu disampaikan Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa saat dihubungi per telepon ketika tengah melayat ke Phnom Penh, Kamboja, untuk menyampaikan dukacita atas wafatnya mantan Raja Norodom Sihanouk.

”Tadi juga digelar pertemuan bilateral dengan Menteri Luar Negeri (Kamboja) Hor Namhong, salah satunya membahas persiapan KTT ASEAN, 15-20 November. Pada prinsipnya tak ada satu pun negara anggota ASEAN ingin kejadian Juli terulang lagi,” ujar Marty.

Seperti diwartakan, dalam pertemuan antar-menlu ASEAN (AMM) ke-45, Juli lalu, ASEAN gagal menghasilkan komunike bersama untuk pertama kalinya dalam sejarah organisasi itu.

Kebuntuan dipicu silang pendapat yang menajam antara tuan rumah dan dua negara anggota ASEAN lain, yakni Filipina dan Vietnam, terkait sengketa perairan Laut China Selatan dengan China.

”Jadi, sekarang kami mencoba cari tahu tanggapan awal seluruh negara anggota soal Draf Nol tadi. Namun, sampai sekarang memang belum ada yang menolak,” ujar Marty.

Jangan dipersulit

Lebih lanjut Marty mengingatkan semua pihak tidak memandang COC sebagai sesuatu yang rumit, riskan, dan membutuhkan waktu lama untuk mewujudkan.

Mengacu pada salah satu usulan di Draf Nol terkait penetapan saluran telepon langsung (hotline) antar-menlu yang bisa dihubungi sewaktu-waktu jika ada masalah, Marty menilai, hal itu bisa saja mulai diterapkan tanpa perlu menunggu COC disahkan dan diterapkan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com