Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kekalahan Kedua Mursi

Kompas.com - 15/10/2012, 04:48 WIB

Kairo, Kompas - Presiden Mesir Muhammad Mursi akhirnya tetap mempertahankan Abdel Maguid Mahmud sebagai Jaksa Agung Mesir setelah mendapat berbagai tekanan. Hal itu dianggap sebagai kekalahan politik Mursi.

Keputusan Mursi itu diambil seusai bertemu Jaksa Agung Mahmud dan delegasi dari dewan tinggi hakim, Sabtu (13/10), di Istana Presiden Al Ittihadiyah.

Keputusan Presiden Mursi tersebut mengakhiri kemelut politik dan ketegangan antara Mursi di satu pihak dan Mahmud serta lembaga yudikatif Mesir di lain pihak, yang meletup sejak Kamis pekan lalu.

Presiden Mursi khawatir jika krisis itu tak segera diakhiri akan diboncengi kekuatan politik lain yang bisa mengganggu stabilitas Mesir.

Demikian dilaporkan wartawan Kompas Musthafa Abd Rahman dari Kairo, Mesir.

Krisis tersebut muncul menyusul keputusan Mursi menunjuk Mahmud sebagai Duta Besar Mesir untuk Vatikan, Kamis malam lalu. Keputusan Mursi itu dipandang sebagai usaha ”mengusir” Mahmud.

Langkah Mursi waktu itu diambil setelah pengadilan pidana Kairo sehari sebelumnya membebaskan 24 terdakwa loyalis Mubarak yang dianggap bertanggung jawab atas serangan brutal terhadap para demonstran pada saat revolusi tahun lalu.

Keputusan pengadilan itu sempat mengundang protes dari masyarakat dan para aktivis Mesir. Para aktivis itu menuduh pihak kejaksaan menyembunyikan bukti-bukti yang memperkuat keterlibatan para loyalis Mubarak dalam aksi kekerasan tahun lalu.

Mursi memanfaatkan protes publik atas keputusan pengadilan tersebut dengan berusaha membebastugaskan Jaksa Agung Mahmud dengan cara menunjuknya sebagai dubes. Hal itu dilakukan karena di Mesir presiden tidak berwenang memecat langsung jaksa agung.

Mahmud yang didukung asosiasi hakim Mesir menolak keputusan Mursi dengan dalih menjaga independensi lembaga yudikatif di Mesir. Mereka bahkan mengancam akan mengundurkan diri secara kolektif.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com