Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kondisi Malala Stabil

Kompas.com - 11/10/2012, 03:02 WIB

PESHAWAR, RABU - Tim ahli bedah Pakistan sukses mengeluarkan sebuah peluru yang bersarang di kepala gadis usia 14 tahun, Malala Yousafzai, Rabu (10/10). Dia ditembak sehari sebelumnya karena dianggap berpemikiran Barat dan menentang Taliban.

Seusai pembedahan yang berlangsung beberapa jam, kondisi Malala dinyatakan telah stabil. Sebelumnya, Malala sempat akan dibawa ke luar negeri, salah satu pilihannya ke Dubai, Uni Emirat Arab, untuk menjalani perawatan secara lebih intensif.

Malala menjadi sasaran serangan yang dilakukan sekelompok orang bersenjata anggota Taliban, Selasa. Mereka menembaki bus sekolah yang ditumpangi Malala dalam perjalanan pulang dari sekolah di wilayah Lembah Swat, barat daya Pakistan. Malala tertembak di kepala. Dua temannya juga terluka akibat serangan ini, dan salah satunya masih dalam kondisi kritis.

Serangan Taliban terhadap gadis kecil itu dihujat sebagai serangan pengecut dan barbar. Kecaman keras mengalir dari berbagai penjuru, bahkan dari luar negeri.

Sosok Malala dikenal vokal dan berani memperjuangkan hak anak perempuan untuk bisa bersekolah di Pakistan. Namanya dikenal publik tahun 2009, saat baru berusia 11 tahun, setelah menulis buku harian untuk BBC Urdu tentang kehidupan di bawah rezim Taliban, yang mengendalikan Lembah Swat sejak tahun 2007.

Taliban berkuasa di wilayah itu hingga didesak mundur militer Pakistan, tahun 2009. Saat berkuasa, mereka menutup sekolah untuk anak perempuan, dan memberlakukan hukum yang menentang keras budaya Barat, antara lain melarang menyetel musik di dalam kendaraan.

Malala menulis buku hariannya dengan nama samaran Gul Makai. Identitas aslinya baru terungkap setelah Taliban meninggalkan Lembah Swat. Atas keberaniannya itu, Malala pada Agustus lalu dianugerahi Penghargaan Perdamaian Nasional.

Taliban menganggap sikap Malala menentang aturan mereka yang melarang anak perempuan bersekolah. Taliban menuduh Malala mempromosikan ajaran sekularisme di Pakistan. Seperti diwartakan The Australian, Taliban bersumpah akan kembali menyerang gadis itu jika kali ini dia selamat.

”Dia gadis berpemikiran Barat yang selalu menentang kami. Kami akan mengincar siapa saja yang menentang Taliban. Kami telah memperingatkan dia berkali-kali,” ujar juru bicara Tehrik- e-Taliban (Pakistan), Ehsanullah Ehsan.

Ehsanullah juga menyebut serangan kepada Malala sebagai pesan jelas bagi remaja Pakistan agar tidak mengikuti jejak Malala jika tidak ingin bernasib sama.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com