Kompas.com - 10/10/2012, 11:21 WIB
EditorErvan Hardoko

CARACAS, KOMPAS.com - Presiden Venezuela, Hugo Chavez, kembali menunjukkan dukungannya untuk Presiden Suriah, Bashar al-Assad, Selasa (9/10/2012).

Dia menyebut Assad sebagai presiden sah Suriah dan menuding AS sebagai biang perang saudara Suriah yang sudah berjalan 19 bulan.

"Bagaimana saya tidak akan mendukung pemerintahan Bashar al-Assad jika pemerintahannya adalah yang sah di Suriah," kata Chavez yang baru saja terpilih kembali menjadi Presiden Venezuela.

"Siapa yang akan saya dukung? Apakah saya akan mendukung teroris yang menembaki orang lalu menghilang?" tanya Chavez, sambil menyebut para pemberontak anti-Assad dengan julukan teroris.

Pemimpin berhaluan kiri ini memang kerap membuat Washington geram, karena terang-terangan mendukung para musuh AS seperti Kuba, Iran dan Suriah.

Chavez lebih lanjut menyebut apa yang terjadi di Suriah adalah "krisis yang direncanakan" seperti yang terjadi saat penggulingan Moammar Khadaffi di Libya.

"Pemerintah AS adalah salah satu yang harus disalahkan atas perang yang terjadi di Suriah," ujar Chavez.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Tuan Obama, jika Anda terpilih lagi, duduk dan merenunglah. Para pemerintah Eropa juga harus melakukan hal yang sama," tambah Chavez.

Lebih lanjut Chavez memuji langkah Rusia dan China yang menolak resolusi PBB yang isinya mengancam rezim Assad dengan sanksi berat jika tidak segera menghentikan kekerasan yang diyakini telah menewaskan lebih dari 32.000 orang itu.

 



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.