Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Chavez Dukung Assad dan Kecam AS

Kompas.com - 10/10/2012, 11:21 WIB

CARACAS, KOMPAS.com - Presiden Venezuela, Hugo Chavez, kembali menunjukkan dukungannya untuk Presiden Suriah, Bashar al-Assad, Selasa (9/10/2012).

Dia menyebut Assad sebagai presiden sah Suriah dan menuding AS sebagai biang perang saudara Suriah yang sudah berjalan 19 bulan.

"Bagaimana saya tidak akan mendukung pemerintahan Bashar al-Assad jika pemerintahannya adalah yang sah di Suriah," kata Chavez yang baru saja terpilih kembali menjadi Presiden Venezuela.

"Siapa yang akan saya dukung? Apakah saya akan mendukung teroris yang menembaki orang lalu menghilang?" tanya Chavez, sambil menyebut para pemberontak anti-Assad dengan julukan teroris.

Pemimpin berhaluan kiri ini memang kerap membuat Washington geram, karena terang-terangan mendukung para musuh AS seperti Kuba, Iran dan Suriah.

Chavez lebih lanjut menyebut apa yang terjadi di Suriah adalah "krisis yang direncanakan" seperti yang terjadi saat penggulingan Moammar Khadaffi di Libya.

"Pemerintah AS adalah salah satu yang harus disalahkan atas perang yang terjadi di Suriah," ujar Chavez.

"Tuan Obama, jika Anda terpilih lagi, duduk dan merenunglah. Para pemerintah Eropa juga harus melakukan hal yang sama," tambah Chavez.

Lebih lanjut Chavez memuji langkah Rusia dan China yang menolak resolusi PBB yang isinya mengancam rezim Assad dengan sanksi berat jika tidak segera menghentikan kekerasan yang diyakini telah menewaskan lebih dari 32.000 orang itu.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com