Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peru Produsen Koka Terbesar Kedua di Dunia

Kompas.com - 27/09/2012, 18:04 WIB

LIMA, KOMPAS.com - Peru kini menjadi negara produsen koka -tanaman bahan baku utama kokain- terbesar kedua dunia setelah Kolombia. Demikian pernyataan yang dirilis PBB, Rabu (26/9/2012).

Dinobatkannya Peru sebagai penghasil koka terbesar kedua di dunia adalah berdasarkan data jumlah luasan lahan yang khusus digunakan untuk menanam koka di negeri itu.

"Pada tahun 2011 terdapat 62.500 hektar koka di Peru, naik dari 61.200 hektar pada tahun 2010," kata Flavio Mirella, dari Badan PBB urusan Narkoba dan Kejahatan di Lima.

"Di Kolombia, saat ini terdapat 64.000 hektar yang khusus digunakan untuk menanam koka, naik dari 62.000 hektar pada tahun 2010," tambah Mirella kepada wartawan.

Dengan luasan lahan ini, lanjut Mirella, Kolombia bertanggung jawab atas 41,6 persen perkebunan koka dunia, kemudian diikuti Peru dengan 40,7 persen dan Bolivia  hampir 18 persen.

Para ahli telah memprediksi Peru bisa segera menggantikan Kolombia sebagai produsen kokain terbesar dunia. Sebab,selama satu dekade penumpasan kokain pemerintah Kolombia dukungan AS telah secara dramatis  melemahkan kartel narkotika di negara itu.

Saat ini 'segitiga emas' penghasil koka dunia itu terletak di pegunungan Andes, Amerika Selatan yang meliputi Kolombia, Peru dan Bolivia.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com