Kompas.com - 27/09/2012, 13:06 WIB
EditorErvan Hardoko

NEW YORK, KOMPAS.com — Pendiri situs WikiLeaks, Julian Assange, kembali membuat kejutan. Kali ini pria berkebangsaan Australia itu mengkritik Presiden AS Barack Obama lewat sebuah video yang disiarkan dari London, Kamis (27/9/2012).

Assange yang bersembunyi di Kedutaan Ekuador, London, sejak Juni untuk menghindari ekstradisi menyiarkan komentarnya itu di sela-sela sidang tahunan PBB di New York.

Dalam videonya, Assange mengkritik pidato Presiden Obama pada Selasa (25/9/2012) yang antara lain berisi soal perlindungan terhadap kebebasan berbicara di Timur Tengah.

Assange mengatakan, dirinya adalah contoh bahwa Obama jauh lebih banyak melakukan kriminalisasi terhadap kebebasan berbicara dibanding presiden-presiden AS lainnya.

"Pasti sangat mengejutkan bagi remaja Mesir yang mengusap gas air mata buatan AS saat mendengar AS membela perubahan di Timur Tengah," kata Assange.

"Ini saatnya bagi Presiden Obama untuk memegang kata-katanya dan bagi AS untuk menghentikan tekanannya terhadap Wikileaks," lanjut Assange.

Pernyataan keras Assange ditambah komentar Menteri Luar Negeri Ekuador Ricardo Patino dan para sekutunya di PBB tidak menghasilkan solusi diplomatik apa pun terkait kasus pria berusia 41 tahun itu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Patino dijadwalkan bertemu dengan Menteri Luar Negeri Inggris William Hague di New York untuk mendiskusikan masalah Assange.

Dia mengatakan, terdapat sejumlah cara untuk menyelesaikan masalah ini. Namun, dalam wawancaranya dengan Reuters, Patino menegaskan, Ekuador tidak akan mundur dari kebijakannya saat ini.

"Bola ada di tangan mereka (Inggris) saat ini," kata Patino.

Halaman:


25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X