Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Taliban Ampuni Menteri Kereta Api Pakistan

Kompas.com - 27/09/2012, 08:33 WIB

ISLAMABAD, KOMPAS.com - Kelompok Taliban Afganistan mengatakan kelompok itu memberikan amnesti kepada seorang menteri kabinet yang sebelumnya menawarkan hadiah bagi siapa pun yang bisa membunuh pembuat film Innocence of Muslims.

Seorang juru bicara TalibanEhsanullah Ehsan mengatakan hari Rabu (26/9/2012) bahwa Menteri Urusan Kereta Api Ghulam Ahmad Bilour telah dicabut dari daftar orang-orang yang menjadi sasaran serangan Taliban.

Menurut juru bicara Taliban Ehsanullah Ehsan, pandangan Ghulam Ahmad Bilour mewakili semangat sejati Islam. Oleh karena itu Taliban mencabut namanya dari daftar orang yang diburu.

"Kami benar-benar memaafkan dia dan mencabut namanya dari daftar orang yang kami buru," kata Ehsanullah Ehsan seperti dikutip oleh beberapa media Pakistan.

Dikecam pemerintah

Dia menambahkan dewan shura, dewan permusyawaratan tinggi Taliban, mengadakan pertemuan sehari sebelumnya dan "memuji Bilour atas pengorbanannya demi Islam".

Namun Ehsan menegaskan pemberian amnesti hanya berlaku bagi Menteri Urusan Kereta Api Ghulam Ahmad Bilour dan tidak berlaku bagi pengurus-pengurus lain di partai Bilour, Partai Nasional Awami. Partai itu dianggap sekuler dan menentang Taliban.

Sebelumnya Bilour menawarkan hadiah sebesar US$100.000 bagi siapa saja yang bisa membunuh pembuat film yang dianggap menghina Nabi Muhammad, Innocence of Muslims yang dibuat di Amerika Serikat.

"Saya akan membayar US$100.000 bagi mereka yang membunuh pembuat film itu," kata Bilour.

Pemerintah Pakistan mengecam keras tindakan Bilour tetapi sejauh ini dia masih menjabat sebagai Menteri Urusan Kereta Api.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com