Kompas.com - 05/09/2012, 19:48 WIB
|
EditorJosephus Primus

KOMPAS.com - Singapura meminjam sepasang panda asal Provinsi Sichuan, China untuk jangka waktu sepuluh tahun. Niat peminjaman itu berangkat dari kepedulian pemerintah Singapura untuk pelestarian panda.

Uniknya, sebagaimana warta Xinhua pada Rabu (5/9/2012), pihak Singapura mengganti nama panda-panda itu. Di tempat asalnya, si panda jantan bernama Wujie. Terus, si panda betina bernama Hubao.

Nantinya, kepada publik Singapura, Wujie yang berumur lima tahun dan berbobot 111 kilogram diperkenalkan dengan nama Kai Kai.

Sementara, Hubao, berumur setahun lebih muda dari Wujie, akan diberi nama Jia Jia. Hubao beratnya 111 kilogram.

Kedua panda itu tinggal di Pusat Pemeliharaan Panda Bifengxia. Hewan langka itu selama ini berada dalam supervisi pemeliharaan Pusat Konservasi dan Riset Panda Raksasa Wolong di Sichuan. Menurut rencana, panda-panda itu akan bertolak dari Bandara Chengdu, ibu kota Provinsi Sichuan, besok sekitar pukul 03.50. Menurut rencana, keduanya akan mendarat di Changi, Singapura, pada pukul 08.20 waktu setempat.

Di Singapura, Kai Kai dan Jia Jia akan ditempatkan di kawasan kebun binatang tematik River Safari. Telah disediakan lahan sekitar 1.600 meter persegi. Kedua panda akan memasuki masa karantina sekitar sebulan.

Panda adalah hewan khas di pegunungan barat daya China, khususnya Sichuan. Panda sudah sejak lama menjadi ikon China. Pemerintah China menaruh perhatian pada pelestarian panda lantaran hewan tersebut sukar sekali berkembang biak. Kebijakan pemerintah China, salah satunya, dengan meminjamkan  dalam jangka waktu tertentu pasangan panda ke kebun-kebun binatang di luar Negeri Tirai Bambu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.