Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hujan Buatan untuk Jambi

Kompas.com - 05/09/2012, 17:09 WIB
Irma Tambunan

Penulis

JAMBI, KOMPAS.com - Maraknya kebakaran lahan dan hutan yang menyebabkan kabut asap di wilayah Jambi sudah mengkhawatirkan. Penaburan garam untuk menciptakan hujan buatan mulai berlangsung Kamis (6/9/2012) besok.

Hujan buatan itu dilakukan untuk mengatasi kabut asap dan kebakaran hutan di Jambi, agar tidak mengganggu pelaksanaan PON Riau, ujar Zubaidi AR , Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jambi, Rabu (5/9/2012).

Dijelaskannya, proses penaburan garam ini sebagai bagian dari proses kimia hujan buatan yang akan dilakukan tim dari Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT). Garamnya sudah tiba di Bandara Sultan Thaha Jambi sebanyak 10 ton. Kami juga sudah siapkan posko , sebutnya.

Menurut Zubaidi, pemerintah pusat sudah menyetujui permohonan pembuatan hujan buatan yang diajukan Gubernur Jambi Hasan Basri Agus. "Karena titik panas di Jambi masih terus ada, akan menganggu aktiv itas penerbangan di Bandara Sultan Thaha Jambi," tuturnya.

Zubaidi melanjutkan, penaburan akan dimulai pada Kabupaten Muaro Jambi, Tanjung Jabung Timur, dan Tanjung Jabung Barat, karena lokasinya berdekatan dengan Provinsi Riau.

Garam yang ditebar sebanyak 2,5 ton per hari, dan apabila masih kurang akan didatangkan lagi dari Jakarta. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com