Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Republik Resmi Calonkan Romney sebagai Presiden

Kompas.com - 29/08/2012, 10:15 WIB

TAMPA, KOMPAS.com - Mitt Romney akhirnya secara resmi terpilih sebagai calon presiden AS dari Partai Republik pada konvensi partai yang berlangsung di Tampa Florida, Selasa (28/08). Delegasi dari seluruh wilayah AS yang hadir dalam konvensi tersebut telah memberikan komitmennya untuk mendukung penuh mantan gubernur Massachusetts itu.

Setelah keputusan ini maka Romney telah pasti akan menantang Barack Obama dalam pemilu presiden yang akam berlangsung November mendatang.

Hasil poling yang dikeluarkan belakangan ini menunjukan kedua kandidat bersaing dengan jumlah suara yang ketat.

Wakil Romney dalam pemilu presiden mendatang adalah anggota kongres Partai Republik dari Wisconsin Paul Ryan yang juga secara resmi telah terpilih dalam konvensi tersebut. Setelah terpilih Ryan dijadwalkan akan menyampaikan pidatonya di acara konvensi ini pada Rabu waktu setempat sementara Romney baru akan menyampaikan pidatonya pada Kamis.

Soal aborsi

Konvensi Partai Republik dalam kesempatan kemarin juga telah menyetujui sejumlah platform partai yang ditawarkan dalam pemilu mendatang. Beberapa yang ditawarkan adalah pemotongan pajak untuk membangkitkan perekonomian AS, mengganti UU Kesehatan yang disetujui oleh Pemerintahan Obama dan menghentikan upaya aborsi.

Program untuk mengatasi persoalan ekonomi kemungkinan akan jadi tawaran utama Romney kepada para pemilih karena dalam sejumlah jajak pendapat para pemilih menginginkan persoalan ekonomi seperti pengangguran harus dijadikan prioritas paling atas untuk segera ditangani oleh calon presiden mendatang.

Sementara untuk persoalan aborsi, platform Partai Republik mengatakan: "Anak yang belum dilahirkan mempunyai hak individual mendasar untuk bisa hidup dan itu tidak bisa dilanggar."

Sikap Partai Republik soal aborsi ini jauh lebih konservatif dari yang disampaikan oleh Romney. Sebelumnya dia mengatakan menentang aborsi kecuali untuk sejumlah kasus khusus seperti akibat pemerkosaan, hubungan sedarah dan ketika keselamatan ibu bayi terancam.

Sementara itu upaya pencalonan kembali Obama baru akan dipastikan lewat Konvensi Nasional Partai Demokrat yang akan berlangsung pekan depan di Charlotte, North Carolina.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com