Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Putri Park Chung-Hee Capres Unggulan

Kompas.com - 20/08/2012, 17:36 WIB
Simon Saragih

Penulis

SEOUL, KOMPAS.com- Partai Saenuri yang berkuasa di Korea Selatan memilih putri almarhum diktator Park Chung-Hee sebagai calon presiden dalam pemilu Desember 2012 mendatang. Dia adalah Park Geun-Hye (60) seorang politisi veteran dan juga putri almarhum Park Chung-He.

Dalam jajak pendapat, dia adalah unggulan nomor satu untuk memenangi pemilu mendatang. Jika menang, dia berjanji mengikis korupsi dan mendemokrasikan perekonomian yang dikuasai segelintir chaebol (konglomerasi) Korsel.

Negara ini sarat dengan kesenjangan dan ketimpangan. Pemerintahan Korsel di bawah Presiden Lee Myung-bak yang tercoreng korupsi. "Saya, Park Geun-Hye, tidak akan menoleransi setiap perbuatan yang mengancam warga atau merusak kedaulatan kita," katanya seusai dinominasikan sebagai capres partai, Senin (20/8/2012).

Ayahnya, Park Chung-Hee, mencaplok kekuasaan lewat kudeta pada tahun 1961 dan dibunuh oleh ketua intelijen pada tahun 1979. Namun sang diktator ini tetap dihormati karena berhasil memakmurkan Korsel. Ibunya ditembak agen Korea Utara pada tahun 1974.

Park Geun-Hye meraih suara 38,8 persen dalam jajak pendapat yang dilakukan harian Joong Ang Ilbo diikuti pengusaha kaya Ahn Cheol-Soo. Unggulan susulan adalah Moon Jae-In, tokoh oposisi yang meraih suara 8,6 persen dari Partai Persatuan Demokratik (Democratic United Party).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com