Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

IHSG di Level 4.130-4.149

Kompas.com - 16/08/2012, 09:17 WIB
Robertus Benny Dwi Koestanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Riset Panin Sekuritas memprediksi Indeks Harga Saham Gabungan akan bergerak variatif dengan kecenderungan melemah, Kamis (16/8/2012) ini. Investor cenderung "mengamankan" portofolio mereka menjelang libur sepekan.

IHSG pada perdagangan kemarin ditutup menguat menyusul sentimen positif dari regional saat data PDB Jerman dan Perancis yang lebih baik dari konsensus dan juga data penjualan ritel yang bagus. Jerman mencatat pertumbuhan ekonomi pada kuartal kedua tahun ini sebesar 0,3 persen dibanding kuartal sebelumnya, sedangkan ekonomi Perancis tidak berubah/tumbuh. Data ekonomi kedua negara tersebut melampaui konsensus Bloomberg yang memperkirakan Jerman tumbuh 0,2 persen dan Perancis turun 0,1 persen. Jerman dan Perancis yang merupakan dua negara dengan ekonomi terbesar di Eropa berhasil mempertahankan ekonominya dari resesi pada semester pertama tahun ini, sedangkan ekonomi terbesar ketiga dan keempat di Eropa, yaitu Italia dan Spanyol sudah masuk resesi dengan penurunan ekonomi masing-masing sebesar 0,7 persen dan 0,4 persen.

Kawasan euro mencatat PDB pada kuartal kedua tahun ini turun 0,2 persen. Data penjualan ritel bulan Juli Amerika naik 0,8 persen. Angka tersebut lebih tinggi dari perkiraan sebesar 0,3 persen. Kenaikan penjualan ritel tersebut tercatat terbesar sejak Februari. IHSG hari ini diperkirakan bergerak mixed dengan kecenderungan melemah. Menjelang libur panjang diperkirakan investor mulai mengamankan portofolionya dan transaksi perdagangan juga diperkirakan akan lebih tipis. Kisaran support-resistance indeks di level 4.130-4.149.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com