Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Veto Ketiga Picu Kemarahan Barat

Kompas.com - 21/07/2012, 03:02 WIB

WASHINGTON DC, JUMAT - Seperti telah diduga, langkah dua anggota tetap Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa, China dan Rusia, memveto usulan resolusi ketiga untuk menjatuhkan sanksi terhadap Suriah langsung membuat berang sejumlah negara barat, terutama Amerika Serikat. Sejumlah langkah balasan mereka lancarkan.

Dalam pemungutan suara di DPR AS, Jumat (20/7), 407 anggota DPR menyetujui pemutusan kontrak pembelian 10 helikopter jenis Mi-17 dari perusahaan Rosoboronexport, Rusia.

Kontrak pembelian senilai 171 juta dollar AS (Rp 1,6 triliun) itu dilakukan AS untuk menyuplai angkatan bersenjata Afganistan, seperti diumumkan pekan lalu oleh pihak Pentagon.

Di Brussels, Belgia, 27 negara anggota Uni Eropa (UE) sepakat memperkuat dan memberlakukan embargo senjata terhadap Suriah.

Keputusan embargo ekspor senjata oleh UE sebenarnya sudah diambil sejak Mei 2011, tetapi tidak kunjung dilaksanakan.

Diperkirakan, mulai Senin mendatang semua negara anggota UE akan mengontrol dan menginspeksi secara ketat kapal- kapal ataupun pesawat kargo yang dicurigai.

Sebelumnya, pihak UE juga telah membekukan aset-aset 43 perusahaan dan 128 individu, yang diduga punya kaitan atau sekadar diuntungkan oleh rezim Presiden Suriah Bashar al-Assad.

Dalam sepekan ke depan, nama-nama baru, baik perusahaan maupun perseorangan, yang juga dibekukan asetnya kemungkinan bakal bertambah lagi.

Rusia kecewa

Kepada wartawan di Moskwa, juru bicara Kementerian Luar Negeri Rusia, Alexander Lukashevich, mengaku sangat menyayangkan sejumlah langkah ”balasan” seperti itu.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com