Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Palestina Tuntut Kematian Arafat Diselidiki

Kompas.com - 05/07/2012, 05:05 WIB

Kairo, Kompas - Otoritas Palestina, Rabu (4/7), meminta segera dilakukan penyelidikan internasional terhadap penyebab wafatnya Pemimpin Palestina Yasser Arafat. Pemimpin Palestina itu wafat bulan November 2004 di rumah sakit militer di kota Paris, Perancis.

Permintaan Palestina itu disampaikan menyusul pemberitaan stasiun televisi Al Jazeera, Selasa malam, mengenai investigasi seputar penyebab kematian Arafat. Investigasi selama sembilan bulan itu menyimpulkan, Arafat meninggal dunia karena keracunan polonium, zat yang bersifat sangat radioaktif. Demikian dilaporkan wartawan Kompas Musthafa Abd Rahman, dari Kairo, Mesir.

Kesimpulan itu diambil dari hasil tes dan analisis yang dilakukan Institut Fisika Radiasi di Universitas Lausanne, Swiss, terhadap sejumlah barang pribadi Arafat yang dikenakan saat ia sakit, seperti pakaian, topi, hingga sikat gigi.

Dalam barang-barang pribadi itu terdapat bekas tetesan darah, keringat, air liur, dan air kencing pemimpin Palestina itu. Hasil tes menunjukkan, polonium kadar tinggi telah menggerogoti seluruh tubuh Arafat sebelum meninggal dunia.

Tim medis dari Swiss mengatakan masih membutuhkan analisis lanjutan, khususnya terhadap tulang Arafat atau debu yang berada di sekitar jasadnya.

Jika dalam penyelidikan lanjutan itu nanti diketahui tulang atau debu tersebut mengandung polonium berkadar tinggi, itu merupakan bukti kuat bahwa Arafat meninggal karena diracun.

Komite penyelidik

Anggota Komite Eksekutif PLO, Saeb Erakat, mengatakan, hendaknya tidak ada negara yang menggunakan hak veto untuk menghalangi pembentukan komite penyelidik internasional untuk mengetahui penyebab kematian Arafat.

Erakat menambahkan, hasil investigasi Al Jazeera itu sudah cukup menjadi alasan pembentukan komite internasional. Ia menyatakan kesiapan otoritas Palestina bekerja sama dengan tim medis Swiss yang berhasil menguak adanya polonium pada barang-barang pribadi Arafat.

Pada Selasa lalu, janda Arafat, Suha Arafa, meminta jasad Arafat dikeluarkan dari makamnya di Ramallah untuk mengambil sampel bagian tubuh guna diperiksa.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com