Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

123 Pencari Suaka Diselamatkan

Kompas.com - 27/06/2012, 14:27 WIB

SYDNEY, KOMPAS.com — Penyelamat berhasil mengangkat 123 penumpang dari laut setelah sebuah kapal pengangkut pencari suaka terbalik dalam perjalanan ke Pulau Christmas, Rabu (27/6/2012).

Kapal ringkih itu terbalik lalu tenggelam di 107 mil laut arah utara Pulau Christmas di Samudra Hindia, tutur juru bicara Otoritas Keselamatan Maritim Australia (AMSA).

Perdana Menteri Australia Julia Gillard mengatakan, antara 123 dan 133 orang menumpang kapal itu. Sebelumnya dilaporkan kapal itu membawa sekitar 150 penumpang.

"Saat ini, 123 orang diselamatkan," kata Gillard di parlemen. Gillard sendiri tengah menghadapi tekanan untuk memecah kebuntuan pembicaraan tentang penanganan "serbuan" pencari suaka.

Para penumpang kapal diselamatkan awak kapal dagang yang tiba lebih dulu di perairan yang masih termasuk wilayah Indonesia itu. Menurut AMSA, dua kapal milik Angkatan Laut Australia dan sebuah pesawat bisa menurunkan sekoci-sekoci penyelamat untuk mengevakuasi para penumpang.

Sebuah foto yang diambil dari salah satu kapal penyelamat, MV Bison Express, lalu diunggah di situs web AMSA, menunjukkan sebuah kapal berukuran kecil dan sederhana yang dipadati orang. Foto itu tampaknya diambil sebelum kapal itu terbalik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com