Norwegia Memesan Dua F-35 Pertama

Kompas.com - 15/06/2012, 23:29 WIB
|
EditorNasru Alam Aziz

OSLO, KOMPAS.com -- Norwegia memasukkan pesanan dua pesawat tempur F-35 Ligthning II pertamanya, Jumat (15/6/2012). Nantinya, jumlah pesanan Norwegia akan mencapai total 52 pesawat.

Menteri Pertahanan Norwegia Espen Barth Eide menyatakan, dua pesawat varian F-35A ini diharapkan jadi pada 2015 dan akan ditempatkan di Amerika Serikat (AS) dan akan digunakan untuk latihan pilot-pilot Norwegia. Persetujuan Parlemen Norwegia sudah diberikan hari Kamis.

Pesanan ini akan diikuti pemesanan 50 pesawat jet tempur generasi kelima tersebut pada 2017, dengan nilai total kontrak sebesar 60 miliar kroner (Rp 94,5 triliun). "Pesanan ini menandai tonggak sejarah penting dalam program F-35 Norwegia, dan menjadi awal dari program terbesar pengadaan negara dalam sejarah Norwegia," papar Eide.

Norwegia adalah salah satu mitra penyandang dana program Joint Strike Fighter (JSF) yang mengembangkan F-35. Pesawat berkemampuan stealth yang diproduksi Lockheed Martin dari AS itu juga turut dibiayai delapan negara lainnya, yakni Inggris, Kanada, Australia, Turki, Belanda, Denmark, Italiam, dan tentu saja AS sendiri.

Program pengembangan F-35 dihadapkan pada berbagai masalah teknis dan pembengkakan biaya yang membuat produksi skala penuh pesawat itu terus tertunda-tunda. Akibatnya, beberapa negara mitra JSF, seperti Italia dan Belanda, memutuskan memotong jumlah pesanan awal mereka. Sementara AS dan Australia memutuskan menunda pemesanan pesawat tersebut.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X