Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Philip Rayakan Ulang Tahun di Rumah

Kompas.com - 11/06/2012, 04:28 WIB

LONDON, MINGGU - Minggu (10/6) merupakan hari bahagia bagi Pangeran Philip, suami Ratu Inggris Elizabeth II. Philip merayakan ulang tahun ke-91 bersama keluarga besar Kerajaan Inggris setelah sehari sebelumnya diperbolehkan keluar dari Rumah Sakit King Edward VII di London.

Menteri Pertahanan Inggris Philip Hammond mengatakan, pemerintah memberikan penghormatan senjata kepada suami ratu yang bergelar Duke of Edinburgh tersebut. Pasukan kerajaan memberikan 41 kali tembakan penghormatan di Hyde Park dan Pasukan Artileri Kehormatan Inggris melepaskan 62 kali tembakan penghormatan di Menara London.

Namun, Pangeran Philip tidak menghadiri upacara penghormatan bersenjata itu. Dia tengah memulihkan diri di rumah agar bisa mengikuti pesta kebun bersama istrinya di Sandringham Estate, Norfolk, Selasa, dilanjutkan dengan piknik memperingati 60 tahun takhta Ratu Elizabeth II di pedesaan Lincolnshire.

Untuk itu, Philip memilih merayakan ulang tahunnya secara sederhana. ”Kesehatan Pangeran Philip telah membaik. Dia keluar dari rumah sakit dan memilih beristirahat serta memulihkan diri di rumah,” kata seorang juru bicara Istana Buckingham.

Saat keluar dari rumah sakit, Philip dijemput sejumlah pembesar dan staf Istana Buckingham Inggris. Dia mengenakan jaket wol, baju putih, dan dasi merah. Philip terlihat santai, bersemangat, dan melambaikan tangan kepada orang-orang yang menunggu di luar rumah sakit. Dia juga menyalami dan tersenyum kepada penjemputnya.

”Saya tidak akan keluar dari rumah sakit jika belum sehat,” kata Pangeran Philip ketika ditanya salah seorang wartawan di luar rumah sakit.

Pangeran yang menikah dengan Ratu Elizabeth II pada 1947 itu berada di rumah sakit selama lima hari. Dia dirawat karena radang kandung kemih. Penyakitnya itu kambuh setelah berjam-jam berdiri di tengah guyuran hujan dan tiupan angin dingin menyaksikan parade 1.000 kapal pada pesta berlian takhta istrinya di Sungai Thames. Karena sakit, Philip melewatkan lanjutan perayaan, termasuk konser musik di depan Istana Buckingham.

Sebelum menikah dengan Ratu, Philip adalah pangeran kerajaan Yunani. Pada 1957, Ratu menobatkannya sebagai Pangeran Britania Raya. Sejumlah kalangan menilai dia bekerja dengan sabar dan loyal mendampingi Ratu. Tak mengherankan Ratu menyebutnya sebagai sosok tegar dan berpendirian kuat.

(AFP/REUTERS/HEN)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com