Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AS Akan Tambah Armada di Asia Pasifik

Kompas.com - 02/06/2012, 16:17 WIB

AS berencana memperkuat posisinya di Asia Pasifik dengan menempatkan sebagian besar kapal perangnya ke wilayah tersebut pada 2020, seperti disampaikan oleh Menteri Pertahanan AS Leon Panetta.

Dia mengatakan, pada 2020 akan ditempatkan sekitar 60 persen armada. Langkah ini merupakan indikasi yang jelas dari strategi baru AS di Asia.

Dalam pertemuan pertahanan regional di Singapura, Panetta mengatakan, penempatan kapal perang ini tidak bertujuan untuk menahan kekuasaan China.

Beijing mengindikasikan ketidaksukaannya dengan kehadiran AS di wilayah ini.

November lalu, Presiden AS Barack Obama mengumumkan bahwa wilayah Asia Pasifik merupakan "priotitas utama" dari kebijakan keamanan AS.

Dalam komentarnya tampak menantang China, yang berusaha keras untuk menjadi kekuatan utama wilayah.

"Di 2020, Angkatan Laut akan menambah pasukannya dari hari ini dengan pembagian sekitar 50-50 persen antara Pasifik dan Atlantik menjadi 60-40 antara kedua samudra itu," kata Panetta dalam Shangri-La Dialogue Conference.

"Ini akan mencakup enam pesawat pengangkut di wilayah ini, sebagian besar kapal, penghancur, kapal perang, dan kapal selam."

Anggaran cukup

Panetta mengatakan, AS bermaksud untuk meningkatkan jumlah dan besaran pelatihan bersama dengan sekutunya di wilayah ini.

Dia mengatakan, masalah anggaran AS tidak akan menghentikan perubahan (kebijakan) itu sembari menyatakan Kementerian Pertahanan AS memiiliki dana dalam rencana anggaran per lima tahun untuk mencapai tujuan tersebut.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com