Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Vieira: Van Persie Pergi, yang Lain Menyusul

Kompas.com - 19/05/2012, 06:30 WIB

MANCHESTER, KOMPAS.com — Eksekutif Pengembangan Sepak Bola Manchester City, Patrick Vieira, mengatakan, mantan klubnya, Arsenal, akan perlahan-lahan kehilangan talenta-talenta terbaik, jika sampai gagal membuat penyerang Robin van Persie memperpanjang kontrak.

Van Persie telah berada di Arsenal sejak 2004 dan masih terikat kontrak hingga 30 Juni 2013. Arsenal sudah menawarkan kontrak baru, tetapi ditolak.

Menurut Vieira, Van Persie ingin meraih trofi untuk membuat Van Persie bertahan, Arsenal harus merekrut pemain yang bisa meyakinkan Van Persie bahwa musim depan mereka akan mengakhiri puasa gelar, yang sudah berlangsung sejak 2005.

"Perginya Samir Nasri dan Cesc Fabregas tahun lalu adalah tekanan besar untuk Arsenal. Jika mereka kehilangan Robin van Persie tahun ini, itu akan menjadi sebuah drama," ujar Vieira.

"Untuk soal perginya Samir Nasri dan Cesc, Anda bisa katakan, 'Baiklah', karena Anda masih memiliki Jack Wilshere dan Van Persie. Namun, jika Robin pergi, itu berarti tahun depan bisa jadi Theo Walcott yang pergi dan musim berikutnya Wilshere yang pergi. Akan sulit bagi Arsenal mempertahankan pemain top (jika Van Persie pergi)."

"Di sisi lain, jika berhasil mempertahankan Van Persie, Arsenal mengirim pesan positif kepada semua klub dan publik dan saya pikir sangat penting (bagi Arsenal) mempertahankannya."

"Robin ingin meraih trofi. Arsenal harus menunjukkan kepadanya bahwa ia bisa meraih trofi di Arsenal. Cara terbaik bagi Arsenal untuk membuatnya menandatangani kontrak adalah membeli pemain yang bisa meyakinkannya bahwa klub sejalan dengannya."

"Itu sangat penting karena kita tahu Van Persie sangat mencintai Arsenal. Itu tak perlu dipertanyakan. Pertanyaannya adalah bagaimana Arsene Wenger akan meyakinkan Robin bahwa mereka bisa meraih trofi," tuturnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com