Al Qaeda Rebut Pos Militer Yaman

Kompas.com - 08/05/2012, 08:31 WIB
EditorKistyarini

SANAA, KOMPAS.com — Lebih dari 40 tentara Yaman tewas dalam pertempuran sengit dengan gerilyawan Al Qaeda di provinsi selatan Abyan, kata seorang pejabat keamanan, Senin (7/5/2012).

"Al Qaeda menyita semua senjata tiga batalyon dari Brigade Infanteri ke-115 di Zinzibar, pinggiran ibu kota provinsi Abyan, dan di kota pantai terdekat Dovas setelah menewaskan lebih dari 40 tentara dan melukai puluhan orang lainnya," kata pejabat itu di kota pelabuhan terdekat, Aden, kepada Xinhua.

"Sejumlah besar tentara dijadikan sandera oleh Al Qaeda," katanya, tanpa menyebut nama.

Serangan itu terjadi beberapa jam setelah satu pesawat tak berawak Amerika Serikat menewaskan Fahd al-Quso, pemimpin Al Qaeda, di Semenanjung Arab (AQAP) yang dicari secara global.

Al-Quso dipenjarakan di Yaman pada tahun 2002 atas keterlibatannya dalam pemboman kapal perang Amerika Serikat USS Cole di Pelabuhan Aden, yang menewaskan 17 pelaut Amerika.

Menurut The New York Times, salah satu dari 10 gerilyawan yang paling dicari FBI tewas di Yaman pada Minggu malam.

Fahd Muhammad Ahmed Al-Quso tewas dalam serangan udara di Provinsi Shabwa, satu daerah suku yang dikendalikan oleh gerilyawan, kata pihak berwenang Yaman.

FBI mengaitkan Al-Quso dengan pemboman tahun 2000 terhadap kapal perusak Angkatan Laut Amerika Serikat USS Cole, yang menyebabkan 17 orang tewas.

Departemen Luar Negeri telah menawarkan hadiah sebesar lima juta dollar AS untuk informasi yang mengarah pada penangkapan atau penghukumannya.

Seorang juru bicara kelompok Al Qaeda di Yaman selatan mengonfirmasi kematian Al-Quso dan mengatakan bahwa serangan udara itu dilakukan oleh pesawat tak berawak Amerika Serikat.

Para pejabat Amerika Serikat mengatakan, mereka membutuhkan beberapa hari untuk mengonfirmasi informasi tentang serangan udara dan kemungkinan korbannya itu.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X