Pemburu Harta Klaim Temukan "Makam" Osama di Laut

Kompas.com - 04/05/2012, 18:03 WIB
EditorKistyarini

KOMPAS.com — Seorang pemburu harta karun lautan asal Amerika Serikat mengklaim berhasil menemukan lokasi jenazah Osama bin Laden diceburkan ke laut. Dia berencana mendatangi tempat itu karena "tidak memiliki cukup bukti" bahwa pendiri Al Qaeda itu benar-benar sudah meninggal.

Bill Warren menyatakan menemukan lokasi tepat di Laut Arab Utara, di mana AS menceburkan jenazah Osama setahun lalu.

"Saya sudah mengetahui lokasi jenazah itu diceburkan. Cuma saya yang memiliki informasi ini. Letaknya sekitar 200 mil ke arah barat Kota Surat, India," kata lelaki 60 tahun itu, dalam wawancara dengan surat kabar Spanyol, El Mundo.

Warren kini berupaya mencari dana lebih dari 200.000 dollar AS untuk misi penyelaman mencari kantong jenazah Osama.

"Dia (Osama) berada di dasar laut dan tentara-tentara (AS) itu memberinya pemberat," ujarnya.

Warren, yang mengaku menemukan lebih dari 200 bangkai kapal selama kariernya sebagai pemburu harta karun, mengaku menandai lokasi yang dimaksud setelah mempelajari citra satelit yang diperolehnya dari satu sumber di Pentagon.

Penjelajah maritim itu bermaksud memulai misinya mencari jenazah Osama pada Juni mendatang. Dengan penuh percaya diri dia mengatakan mampu menemukannya dalam waktu "kurang dari seminggu".

Kepada surat kabar Spanyol, El Mundo, Warren mengatakan bahwa pencarian itu bisa saja molor hingga tiga bulan. Satu hal yang membuatnya takut adalah dibunuh atau ditenggelamkan oleh Pemerintah AS.

Seperti diketahui, Osama bin Laden dibunuh oleh pasukan komando AS, Navy SEAL, di Abbottabad, Pakistan, pada awal Mei 2011. Jenazahnya tidak dikubur, tetapi diceburkan ke laut dari kapal induk USS Vinson.

Lokasi tepat "kuburan" Osama tidak pernah diungkap oleh Pemerintah AS. Sebagian alasannya adalah untuk mencegah tempat itu dijadikan "tempat keramat" oleh para pendukungnya.

Halaman:
Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.