Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasar Murah dan Sunatan Massal Warnai Hari Buruh

Kompas.com - 30/04/2012, 13:55 WIB
Hendra Cipto

Penulis

MAKASSAR, KOMPAS.com - Personil gabungan dari TNI-Polri siap mengamankan aksi unjukrasa pada Hari Buruh di Makassar yang jatuh pada 1 Mei, besok. Bahkan dirangkaikan dengan berbagai kegiatan seperti pasar murah dan sunatan massal.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya yang hanya berunjukrasa, Hari Buruh tahun ini diperingati dengan digelar pasar murah dan sunatan massar di Pelabuhan Internasional Sukarno Hatta, Makassar. Nantinya, para buruh pelabuhan bisa berbelanja di pasar murah tersebut dan menghitamkan anak-anak mereka secara gratis.

Diperkirakan jumlah massa yang akan berunjukrasa mencapai ribuan orang yang terbagi di beberapa lokasi seperti Kantor Gubernur Sulsel dan DPRD Sulsel yang terletak di Jalan Urip Sumoharjo. Massa dari berbagai elemen buruh dan masyarakat ini awalnya akan berkumpul di bawah jembatan layang (fly over) mulai pukul 09.00 Wita.

Sebanyak 800 personil dari berbagai fungsi di jajaran Polrestabes Makassar dikerahkan dengan di-backup 500 personil Polda Sulsel terfokus pada titik unjukrasa di fly over, Kantor Gubernur dan DPRD Sulsel. Sedangkan personil TNI ditempatkan di objek vital seperti gedung-gedung perkantoran, perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan lainnya.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Kabid Humas) Polda Sulsel, Kombes Pol Chevy Ahmad Sopary yang dikonfirmasi Kompas.com, Senin (30/04/2012) siang mengungkapkan, berdasarkan pembicaraan antara koodinator aksi dan TNI/Polri, massa mencapai ribuan yang terbagi dari beberapa kelompok di tempat terpisah.

"Pengamanan kita libatkan TNI untuk menjaga objek-objek vital. Sedangkan polisi mengamankan aksi di fly over, kantor Gubernur dan DPRD Sulsel. Adapun sistem pengamanan secara terbuka dan tertutup dengan melibatkan seluruh fungsi dalam artian polisi berseragam lengkap dan polisi berpakaian preman," ungkap Chevy.

Selain itu, lanjut Chevy, puluhan polisi wanita (Polwan) pada barisan terdepan sekaligus menyatu dengan para buruh membagi bagikan air mineral dan permen kepada pengunjukrasa. "Jadi seperti biasa, kita siapkan polwan cantik untuk menyejukkan suasana aksi hari buruh," tandas Chevy.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com