Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemerintah Tangkap Pendukung Chen

Kompas.com - 30/04/2012, 04:58 WIB

Beijing, Minggu - Otoritas keamanan China menangkap aktivis dan kritikus pemerintah Hu Jia terkait kaburnya pengacara Chen Guangcheng dari tahanan rumah. Penyelidikan dilakukan terhadap orang-orang yang dianggap membantu lolosnya Chen, yang kabarnya berada dalam ”perlindungan” Amerika Serikat.

Hu ditangkap hanya beberapa jam setelah mengatakan pada AFP bahwa dia yakin Chen aman dalam Kedutaan Besar AS di Beijing. Istri Hu, Zeng Jinyan, mengumumkan lewat jejaring sosial Twitter, Sabtu (28/4) malam, bahwa suaminya telah dibawa oleh pihak berwenang.

Chen, pengacara otodidak yang tunanetra, meloloskan diri dari tahanan rumah yang diawasi puluhan penjaga pada 22 April dengan bantuan pendukung-pendukungnya. Dia kemudian menyebarkan video yang mengungkapkan penyiksaan terhadap dia dan keluarganya.

China Aid, kelompok yang dikelola mantan aktivis demokrasi Lapangan Tiananmen, Bob Fu, mengatakan pada Sabtu, mereka mendengar dari sumber yang mengetahui situasi Chen Guangcheng bahwa aktivis itu kini ”di bawah perlindungan AS”.

Zeng Jinyan dalam akun Twitter-nya menulis, ”Orang-orang dari kepolisian datang untuk mengambil obat antivirus. Penahanan (Hu) diperpanjang menjadi 24 jam. Saya bertanya di mana Hu Jia akan tidur, mereka mengatakan di sebuah kursi”. Tidak jelas obat antivirus yang dimaksud itu untuk apa.

Hari Minggu, Zeng mengatakan petugas keamanan negara menghubunginya lagi, ”Meminta untuk berbicara hari ini dengan saya.”

AFP menelepon kantor polisi yang diyakini sebagai tempat Hu ditahan. Namun, para petugas mengatakan mereka tidak tahu di mana dia berada.

Hu Jia, aktivis pembela hak asasi manusia, penderita AIDS, dan aktivis lingkungan hidup, dibebaskan pada Juni 2011 setelah lebih dari tiga bulan ditahan karena percobaan subversi.

Penahanan Hu, yang mengatakan telah bertemu dengan Chen setelah meloloskan diri itu, adalah tindakan paling akhir pihak keamanan menyusul kaburnya Chen. Kelompok HAM sebelumnya mengatakan, saudara laki-laki Chen, Chen Guangfu, dan putra Chen Guangfu, Chen Kegui, ditahan polisi setelah dikonfrontasi Jumat dini hari.

Bob Fu sebelumnya mengatakan, He Peirong, salah satu pendukung Chen yang membantu membawanya ke sebuah lokasi aman, ditangkap di rumahnya di kota Nanjing pada Jumat.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com