Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jenazah TKI asal Sinjai Disambut Histeris

Kompas.com - 07/04/2012, 17:38 WIB
Junaedi

Penulis

POLEWALI MANDAR, KOMPAS.com - Setelah sempat tertunda selama beberapa pekan, jenazah tenaga kerja Indonesia (TKI) asal Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat yang meninggal dunia di Arab Saudi, akhirnya tiba di rumah duka di Desa Buttu Dakka, Kecamatan Tapango, Sabtu (7/4/2012).

Kedatangan jenazah almarhumah Becce binti Jalil disambut hiteris keluarga dan tetangga yang sudah menanti sejak Jumat (6/4/2012). Ibu dan anak Becce bahkan jatuh pingsan saat menyaksikan peti jenazah korban diletakkan di ruang tamu rumah mereka.

Becce binti Jalil (45) meninggal dunia di Arab Saudi pada awal Maret 2012 lalu. Bekerja sebagai pembantu rumah tangga di Saudi sejak tujuh tahun lalu, Becce sempat dirawat di rumah sakit karena sakit. Becce dipastikan meninggal dunia pada tanggal 3 Maret 2012.

"Kasihan dia merantau ke Saudi dan meninggalkan keluarga dan dua anaknya dengan harapan bisa mengubah nasib keluarganya. Sayangnya, dia justru meninggal di sana," kata Samsul, seorang kerabat Becce.

Jenazah Becce sempat terkatung-katung selama beberapa jam di Jakarta lantaran pihak PJTKI yang memberangkatkan dia ke Arab Saudi meminta Rp 5 juta, untuk biaya penerbangan dari Jakarta ke Makassar. Bagi keluarga Becce di kampung, uang sejumlah itu cukup besar, sementara mereka tergolong keluarga miskin.

Berkat negosiasi Dinas Tenaga Kerja Polewali Mandar yang menghubungi PJTKI dan BNP2TKI, jenazah Becce akhirnya diterbangkan dari Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, ke Bandara Hasanuddin Makassar tanpa biaya pemulangan, yang seharusnya menjadi tanggungjawab PJTKI.

Jenazah Becce dimakamkan di pemakaman umum di kampung halamannya hari ini. Sementara itu keluarga berharap PJTKI yang mengirim Becce segera mengurus asuransi almarhumah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com