Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indonesia dan Bostwana Buka Hubungan Diplomatik

Kompas.com - 29/03/2012, 19:38 WIB
Anastasia Joice

Penulis

NEW YORK, KOMPAS.com - Indonesia dan Botswana resmi menjalin hubungan diplomatik, setelah ditandatanganinya Komunike Bersama tentang Pembukaan Hubungan Diplomatik Antara Pemerintah Republik Indonesia dan Pemerintah Republik Botswana, hari Rabu (28/03/12) di New York oleh Wakil Tetap RI untuk PBB, Duta Besar Desra Percaya, dan Wakil Tetap Republik Botswana untuk PBB, Duta Besar Charles Thembani Ntwaaga.

Demikian keterangan pers dari Perwakilan Tetap RI di New York.

 

"Dengan demikian, saat ini Indonesia telah memiliki hubungan diplomatik dengan 181 negara," ungkap Duta Besar Percaya, usai acara penandatanganan di kantor Perutusan Tetap Republik Indonesia untuk PBB, New York.

"Sebagaimana diketahui, pada tahun 2010 DPR telah menyetujui pembukaan hubungan diplomatik baru dengan 21 negara anggota PBB. Dalam kaitan ini, pada tahun 2011, Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa melakukan pembukaan hubungan diplomatik dengan delapan negara di sela-sela Sidang Majelis Umum PBB. Yaitu Mauritania, El Salvador, San Marino, Montenegro, Republik Dominika, Niger, Sao Tome dan Principe, serta Antigua dan Barbuda. Pada kesempatan terpisah di tahun 2011, juga telah dilakukan pembukaan hubungan diplomatik dengan Bhutan."

 

Duta Besar Percaya menambahkan, "Indonesia dan Botswana telah bekerja sama di berbagai forum multilateral, khususnya PBB, dan juga sesama anggota Gerakan Non-Blok. Kedua pihak meyakini bahwa pembukaan hubungan diplomatik ini akan mendatangkan keuntungan bagi negara dan bangsa masing-masing."

 

"Botswana adalah salah satu negara dengan pertumbuhan ekonomi tertinggi dan situasi politik yang paling stabil dan demokratis di Afrika. Hubungan diplomatik akan mendorong meningkatnya peluang kerjasama antara kedua negara, termasuk di bidang ekonomi dan perdagangan, sosial-budaya, dan sebagainya," lanjut Duta Besar Percaya.

 

Menurut rencana, perwakilan Indonesia untuk Botswana akan dirangkap dari KBRI Pretoria, Afrika Selatan. Sedangkan perwakilan Botswana untuk Indonesia akan dirangkap oleh Kedutaan Besar Botswana di Canberra, Australia.

 

 

 

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com