Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Assad Lolos dari Pembunuhan

Kompas.com - 29/03/2012, 02:18 WIB

Kairo, Kompas - Presiden Suriah Bashar al-Assad lolos dari percobaan pembunuhan ketika berkunjung ke distrik Bab al-Amr di kota Homs, Selasa (27/3). Konvoi kendaraan Presiden Suriah itu segera meninggalkan distrik Bab al-Amr tatkala mendapat serangan tembakan.

Harian Asharq Al Awsat edisi hari Rabu (28/3) mengutip anggota Dewan Nasional Suriah (SNC), Omar Idlibi, mengungkapkan hal tersebut.

Satuan tempur Al Farouk dari Tentara Pembebasan Suriah (FSA) mengklaim bertanggung jawab terhadap upaya percobaan pembunuhan yang gagal itu.

Sebelumnya, Selasa pagi lalu, televisi pemerintah menayangkan gambar Presiden Bashar al-Assad berkeliling di distrik Bab al-Amr. Ia tampak berbincang- bincang dengan pasukan pemerintah yang bertugas di distrik itu.

Distrik Bab al-Amr yang selama ini dikenal sebagai basis kelompok oposisi jatuh ke tangan pemerintah akhir bulan lalu.

Omar Idlibi menyebut kunjungan Presiden Assad ke Bab al-Amr penuh sandiwara. Ia mengungkapkan, pasukan pemerintah telah mengepung distrik Bab al-Amr sebelum kedatangan Presiden Assad. Kemudian mereka mengerahkan bus-bus untuk mengangkut ribuan loyalisnya dari distrik lain ke distrik Bab al-Amr untuk menunjukkan bahwa mereka adalah penduduk distrik Bab al-Amr. Padahal, lanjut Idlibi, sebagian besar penduduk asli Bab al-Amr sudah mengungsi dan sebagian lagi ditahan.

Dalam konteks politik, jubir Kofi Annan, Ahmed Fawzi, mengungkapkan, otoritas Suriah menyatakan menerima usulan solusi Kofi Annan yang terdiri atas enam butir itu.

Fawzi menyebut keputusan Suriah menerima usulan solusi Kofi Annan itu merupakan tahap permulaan penting untuk mengakhiri aksi kekerasan.

Namun yang terpenting, lanjut Fawzi, pelaksanaan terhadap usulan solusi Kofi Annan itu. Annan—yang sedang mengunjungi Beijing—mengatakan butuh bantuan China dalam upaya mencari solusi krisis di Suriah.

Di Istanbul, sebagian besar faksi-faksi oposisi pada penutupan konferensi, Selasa malam lalu, sepakat menjadikan Dewan Nasional Suriah (SNC) sebagai wakil sah rakyat Suriah dan juru bicara kubu oposisi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com