Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Romney Menang Lagi

Kompas.com - 21/03/2012, 10:32 WIB
Dahono Fitrianto

Penulis

CHICAGO, KOMPAS.com - Kandidat calon presiden AS dari Partai Republik, Mitt Romney, kembali meraih kemenangan dalam rangkaian pemilihan pendahuluan untuk memilih calon presiden (capres) definitif dari partai konservatif tersebut. Hari Selasa (20/3/2012), ia menang di Illinois—negara bagian tempat tinggal Barack Obama sebelum menjadi presiden.

Dengan 61 persen suara telah selesai dihitung, Romney memimpin dengan 48 persen suara. Di belakangnya, berturut-turut ada mantan Senator Rick Santorum (34 persen), anggota DPR AS Ron Paul (9 persen) dan mantan Ketua DPR AS Newt Gingrich (8 persen).

Romney meraih tambahan sedikitnya 19 delegasi dari kemenangan di Illinois. Sebelumnya, mantan Gubernur Massachusetts itu sudah unggul jauh di depan dengan mengoleksi 541 delegasi, disusul Santorum (253 delegasi), Gingrich (135 delegasi), dan Paul (50 delegasi).

Para kandidat capres harus mengumpulkan dukungan delegasi dalam pemilihan pendahuluan di setiap negara bagian dan wilayah administrasi AS, baik itu berupa kaukus maupun *primary*. Seorang kandidat disyaratkan memperoleh minimal 1.144 delegasi untuk bisa dipilih sebagai capres definitif guna menghadapi Obama dalam pilpres AS, 6 November nanti.

Di atas kertas, Romney diperkirakan akan mengumpulkan jumlah delegasi yang dibutuhkan itu sebelum Konvensi Nasional Partai Republik digelar di Tampa, Florida, akhir Agustus nanti. Namun, tiga rivalnya menolak mundur dari persaingan dengan harapan mereka bisa mencuri suara dan menghalangi Romney memperoleh jumlah minimum delegasi tersebut, sehingga penentuan capres akan ditentukan di arena konvensi.

Hari Sabtu nanti, pemilihan pendahuluan akan digelar di Lousiana di kawasan selatan AS. Santorum, yang meraih kemenangan di wilayah selatan yang konservatif pekan lalu, optimistis ia akan mengulang sukses di Lousiana.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com