Karena Keramik Selalu Unggul....

Kompas.com - 19/03/2012, 11:44 WIB
EditorLatief

KOMPAS.com - Sebagai material pelapis lantai, keramik dapat disebut sebagai jawaranya. Selain untuk menutup lantai dan dinding, dari seluruh material keramik itu tahan lama, harga relatif terjangkau, mudah diaplikasi, serta kaya desain dan motif.

Material satu ini memang termasuk material tahan lama. Asal tidak terkena benturan keras, terpapar bahan kimia berat, maka keramik bisa digunakan hingga lebih dari lima tahun.

Gesekan dan cuaca pun membuat warna atau motif keramik dapat memudar. Masalah lain seperti keramik lepas, pecah, meledak terjadi bukan karena kualitasnya tetapi saat pemasangannya.

Keramik memiliki porositas rendah, mudah dibersihkan dan kuat. Untuk melapisi lantai dan dinding, material ini berasal dari campuran berbagai bahan. Dari aspal dan feldspar hingga 6 -7 macam tanah liat.

Untuk lantai, keramik dibuat lebih tebal karena menjawab fungsinya untuk menahan beban di atasnya. Bentuknya dibuat dengan ukuran persegi. Biasanya, teknik yang digunakan adalah satu kali pembakaran atau single fired.

Sementara, keramik untuk dinding dibuat lebih tipis dengan ukuran persegi panjang, misalnya 30 cm x 60 cm. Urusan warna dan motif, keramik untuk dinding lebih kaya. Hal ini karena fungsinya bukan sekedar melapisi, namun juga sebagai elemen estetika ruangan.

Awet

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kalau mau keramik rumah tetap awet, Anda harus memperhatikan pilihan jenis keramik serta pengaplikasiannya. Untuk lantai luar ruang, gunakan keramik dengan permukaan agak kasar dan tidak mengkilat. Saat pemasangannya, lebih baik tidak diinjak 1-2 hari agar nantinya tidak mudah terlepas.

Untuk dinding, perhatikan kondisi dinding, khususnya yang baru saja diplester. Sebaiknya plesteran itu telah mengering sebelum dipasangi keramik.

Sebagai dekorasi, perhitungkan pula luas dinding dan ukuran keramik dengan cermat. Hal ini perlu Anda lakukan, tak lain untuk hasil optimal, presisi, rapi serta sesuai keinginan.

(Sumber: Majalah Renovasi)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.