Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

IMF Siapkan 36 Miliar Dollar AS untuk Yunani

Kompas.com - 13/03/2012, 08:43 WIB
Orin Basuki

Penulis

WASHINGTON, KOMPAS.com — Dana Moneter Internasional atau IMF tengah mempertimbangkan kemungkinan pengucuran modal tambahan sebesar 36,7 miliar dollar AS atau sekitar Rp 330 triliun untuk menopang perekonomian Yunani. Jika dewan eksekutif IMF menyetujuinya, komitmen awal yang hingga saat ini belum cair akan dibatalkan.

Demikian diungkapkan Juru Bicara IMF Gerry Rice dalam siaran pers yang diterima Kompas di Jakarta, Selasa (13/3/2012). Menurut Rice, total pembiayaan yang diberikan sebagai bagian dari fasilitas dana tambahan (EFF) ini mencapai 28 miliar euro atau setara 36,7 miliar dollar AS.

Angka ini telah diusulkan Direktur Pelaksana IMF Christine Lagarde kepada dewan eksekutif IMF. Ini merupakan kesepakatan baru antara IMF dan Yunani. Atas dasar kesepakatan baru ini, secara otomatis kesepakatan lama akan dibatalkan.

"Sebelumnya, ada fasilitas siaga (stand-by arrangement/SBA) yang disepakati Mei 2010 untuk jangka waktu pinjaman tiga tahun (sama dengan pinjaman kesepakatan baru kali ini). Kesepakatan itu akan dibatalkan, termasuk pinjaman-pinjaman lain yang belum dicairkan juga akan dibatalkan," tutur Rice.

Christine Lagarde mengundang kerja sama sektor swasta di Yunani untuk berpartisipasi dalam pertukaran utang yang ditawarkan Pemerintah Yunani. Ini menjadi bagian penting yang akan menurunkan kebutuhan pembiayaan jangka menengah Yunani secara dramatis.

"Ini juga akan memberikan kontribusi pada keberlanjutan utang. Dukungan dari sektor swasta adalah komponen kunci untuk menempatkan Yunani pada kondisi pertumbuhan ekonomi dan keuangan yang stabil," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com