Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Santorum Terus Bayangi Romney

Kompas.com - 12/03/2012, 03:31 WIB

WICHITA, SABTU - Posisi Mitt Romney di puncak persaingan antarkandidat calon presiden AS dari Partai Republik terus dibayangi oleh rival utamanya, Rick Santorum. Santorum meraih kemenangan besar dalam kaukus di Negara Bagian Kansas, AS, Sabtu (10/3).

Mantan senator dari Pennsylvania itu meraih 51 persen suara di Kansas, jauh mengungguli Romney di tempat kedua dengan 21 persen, mantan Ketua DPR AS Newt Gingrich (14 persen), dan anggota DPR AS dari Texas Ron Paul (13 persen). Dari kemenangan ini, Santorum mendapatkan 33 delegasi dari total 40 delegasi yang diperebutkan di Kansas.

”Ini kemenangan besar bagi kampanye (Santorum), dan bukti nyata bahwa kelompok konservatif dan para loyalis (gerakan) Tea Party bersatu di belakang Rick sebagai satu-satunya sosok konservatif sejati dan konsisten dalam persaingan ini,” tutur Hogan Gidley, juru bicara tim kampanye Santorum.

Pada hari yang sama, Romney mencatat kemenangan di kaukus Wyoming dan meraih 7 delegasi dari 12 delegasi yang diperebutkan di negara bagian itu. Selain itu, mantan Gubernur Massachusetts ini juga menang di Kepulauan Virgin, Guam, dan Kepulauan Mariana Utara.

Dengan hasil terbaru ini, posisi perolehan delegasi setiap kandidat adalah sebagai berikut: Romney mengantongi 453 delegasi, disusul Santorum (217 delegasi), Gingrich (107 delegasi), dan Paul (47 delegasi).

Seorang kandidat membutuhkan minimal 1.144 delegasi untuk lolos sebagai capres definitif Partai Republik guna menghadapi Presiden Barack Obama, capres Partai Demokrat, dalam pemilihan presiden AS, 6 November.

Meski selisih perolehan delegasi mereka jauh di bawah Romney, tiga kandidat capres tersebut belum berniat mengakhiri pertarungan. Kemenangan besar Romney pada Super Tuesday pekan lalu tak cukup telak membuat lawan-lawannya putus harapan.

Pertempuran di selatan

Hari Selasa nanti, lebih dari 100 delegasi akan diperebutkan dalam pemilihan pendahuluan di Negara Bagian Alabama, Mississippi, dan Hawaii. Pertarungan sengit diduga akan terjadi di Alabama dan Mississippi, dua negara bagian di wilayah selatan AS yang mayoritas penduduknya adalah warga Kristen konservatif.

Santorum, yang tampil sebagai sosok konservatif tulen yang menentang aborsi dan pernikahan gay, optimistis akan meraih kemenangan di dua negara bagian tersebut. Meski demikian, ia diduga akan mendapat perlawanan seimbang dari Gingrich, yang lebih populer di wilayah selatan AS.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com