Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dilarang Memanggang Daging Sapi di Depan Umum

Kompas.com - 27/02/2012, 22:15 WIB
Pieter P Gero

Penulis

PHNOM PENH, KOMPAS.com — Perdana Menteri Kamboja Hun Sen, Senin (27/2/2011), melarang warga memanggang daging sapi di depan restoran. Hun Sen menilai tindakan ini sebagai sebuah pemadangan yang sadis.

PM Hun Sen memerintahkan larangan ini setelah para biksu Buddha di Kamboja memberi tahu bahwa aktivitas memanggang daging sapi tersebut bertolak belakang dengan ajaran Buddha menyangkut kehidupan yang suci dan tidak mendorong kekerasan.

”Praktik ini juga tidak higienis,” ujar Hun Sen dalam sebuah forum Kota Bersih di Phnom Penh, ibu kota Kamboja.

Dia mengatakan, restoran-restoran masih mungkin memanggang dan menjajakan daging sapi panggang, tetapi harus memasaknya termasuk memanggangnya tanpa dilihat pelanggan. Mereka juga bisa mengiklankan masakan itu lewat gambar atau tanda-tanda.

Sapi selama ini merupakan hewan yang dihormati oleh umat Buddha di Kamboja, sebuah pengaruh dari budaya Hindu.

Pemerintah Kamboja sebenarnya sudah mengeluarkan arahan sejak bulan lalu menyangkut larangan praktik memanggang daging sapi di depan umum, tetapi praktik ini tetap saja berlangsung seakan mengabaikan perintah larangan tadi.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com