Puluhan Warga Inggris Direkrut Al Shabaab

Kompas.com - 20/02/2012, 14:20 WIB
EditorEgidius Patnistik

LONDON, KOMPAS.com - Puluhan kaum radikal Muslim-Inggris dilatih kelompok-kelompok militan untuk bertempur dalam "perang suci" di Somalia, lapor Sunday Telegraph, Mingu (19/2/2012).

Sebanyak 50 lebih "relawan" asal Inggris telah direkrut untuk bertepur bersama kelompok teroris Al-Shabaab yang terispirasi oleh Al Qaeda.

Para pakar intelijen yakin, para relawan Inggris itu membentuk inti pasukan internasional yang juga terdiri dari warga Amerika Serikat, Kanada, Eropa dan Afrika Timur. Para pakar itu khawatir Somalia akan dengan cepat menjadi daerah perekrutan kaum radikal Inggris, sama seperti Afghanistan pada tahun 1990-an.

Pihak keeamanan Inggris dan sejumlah badan intelijen sudah memasukan Somalia sebagai salah satu dari tiga negara teratas di dunia, bersama Yaman dan Pakistan, yang menimbulkan ancaman teroris potensial bagi Inggris.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.