Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fasilitas Nuklir Iran Segera Beroperasi Penuh

Kompas.com - 13/02/2012, 09:51 WIB

TEHERAN, KOMPAS.com — Sumber-sumber di Teheran mengatakan bahwa fasilitas pengayaan nuklir Fordo akan beroperasi penuh dalam beberapa hari ke depan, kata kantor berita lokal Mehr, Minggu (12/2/2012).

Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad mengatakan, Sabtu (11/2/2012), Iran akan mengumumkan prestasi ”besar” baru nuklir dalam beberapa hari mendatang. ”Dalam hari-hari berikutnya, dunia akan menyaksikan peresmian beberapa prestasi besar di bidang nuklir,” katanya saat berpidato di hadapan kerumunan massa yang berkumpul di Lapangan Azadi, Teheran, pada kesempatan ulang tahun ke-33 Revolusi Islam.

Pada awal Januari, Wakil Tetap Iran untuk Badan Energi Atom Internasional (IAEA) Ali Asghar Soltanieh mengatakan di markas IAEA, Wina, bahwa Iran mulai memperkaya uranium di salah satu bungker bawah tanah dari fasilitas nuklir Fordo.

Pabrik nuklir Fordo telah dibangun di dekat pusat kota suci Syiah Iran, Qom, yang digunakan untuk memproduksi 20 persen uranium yang diperkaya. Awal pekerjaan nuklir di Fordo telah meningkatkan ketakutan internasional. Barat mencurigai bahwa pengayaan uranium Iran mungkin dimaksudkan untuk bergerak lebih cepat membuat senjata nuklir.

Namun, Iran menegaskan bahwa program nuklirnya hanya untuk tujuan penggunaan damai. Ahmadinejad pada Sabtu lalu mengatakan bahwa Iran selalu siap untuk pembicaraan masalah nuklirnya, tetapi tidak akan menyerah pada tekanan Barat untuk menghentikan haknya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com