Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sungai Danube Membeku, Transportasi Sungai Lumpuh

Kompas.com - 09/02/2012, 04:43 WIB

BERLIN, KOMPAS - Suhu sangat rendah dipicu cuaca ekstrem lebih dari sepekan terakhir di sejumlah kawasan Eropa, khususnya di Eropa Timur, telah membekukan sejumlah sungai penting, termasuk Danube, Rabu (8/2). Kondisi seperti itu memaksa para kru beserta kapal-kapal pemecah es bekerja ekstra keras. Ini terjadi di sejumlah negara Eropa timur, seperti Serbia, Bulgaria, dan Hongaria.

Pemerintah Serbia berencana mengeluarkan status darurat menyusul membekunya beberapa sungai yang melintasi negeri itu, seperti Sungai Danube, Sava, dan Velika Morava. Serbia akan mengumumkan status darurat begitu kawasan sungai membeku mencapai 60 persen.

Kondisi kritis akibat cuaca ekstrem pernah terjadi pada musim dingin tahun 1984 dan 1985. Saat itu jalur sungai membeku dan melumpuhkan transportasi.

Sekarang sepanjang 100 kilometer aliran Sungai Danube, yang juga melalui kawasan Serbia, membeku. Akibatnya, jalur lalu lintas sungai sepanjang 170 kilometer, mulai dari Kostolac hingga kawasan pembangkit listrik tenaga air Djerdap I, tidak bisa dilayari.

Otoritas Pelabuhan Veliko Gradiste menyebutkan, sebanyak 30 kapal terpaksa ”menganggur” di pelabuhan yang berlokasi dekat perbatasan Serbia, Romania, dan Bulgaria itu.

Pemerintah Serbia akan mengerahkan pasukan Angkatan Darat untuk memasang dan meledakkan bahan peledak guna memecah es tebal di sepanjang Sungai Danube itu. ”Sebuah tim AD sekarang sudah ada di Ibar dan mempelajari situasi. Malam ini mereka melapor. Potensi bahaya terbesar ada di dekat Golubac karena lapisan es sudah sangat tebal,” ujar Direktur Penanggulangan Situasi Darurat Kepolisian Serbia Predrag Maric.

Selain lama dikenal dengan keindahan yang banyak menginspirasi, Sungai Danube bernilai sangat strategis lantaran melewati dan menghubungkan sembilan negara Eropa. Sungai sepanjang 2.860 kilometer itu melintasi Ukraina, Romania, Serbia, Kroasia, Hongaria, Bulgaria, Slowakia, Austria, dan Jerman. Sungai Danube juga menjadi jalur transportasi, sumber irigasi, pembangkit listrik, industri, dan perikanan.

Aliran Sungai Danube di Bulgaria juga bernasib sama. Sekitar 20 persen jalur sungai yang berdekatan dengan perbatasan Serbia membeku. Sebanyak 80 persen sisanya, sepanjang 220 kilometer dari Nikopol dan Silistra, juga tidak bisa lagi dilayari.

Aliran Sungai Danube di Romania dan Hongaria juga membeku. Otoritas di Hongaria mengerahkan 13 unit kapal pemecah es untuk menjamin sungai agar terus bisa dilewati. ”Kalau suhunya masih seperti ini, dijamin sepekan ke depan sungai ini (Danube) juga membeku, seperti sudah terjadi di sungai-sungai lain yang lebih kecil,” ujar Istvan Land, Kepala Dinas Air dan Lingkungan Hongaria OMIT.

Di Austria, sepertiga aliran Sungai Danube ditutup sehingga jalur transportasi sungai dari negara itu menuju Bavaria, di kawasan selatan Jerman, terputus.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com