Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PM Mesir Bekukan Asosiasi Sepak Bola Mesir

Kompas.com - 02/02/2012, 23:24 WIB

KAIRO, KOMPAS.com -- Perdana Menteri Mesir Kamal el-Ganzouri membekukan kepengurusan Asosiasi Sepak Bola Mesir (EFA), Kamis (2/2/2012), menyusul tragedi sepak bola yang menewaskan sedikitnya 74 orang seusai laga Al-Ahly versus Al-Masry di Port Said, Mesir, Rabu (1/2/2012). Ia juga menyerahkan para pengurus EFA untuk diperiksa aparat penegak hukum.

El-Ganzouri mengumumkan keputusan pembekuan pengurus EFA itu dalam sidang darurat parlemen, sehari setelah tragedi di Port Said. El-Ganzouri menilai, kepengurusan EFA dibekukan karena bertanggung jawab dalam tragedi itu.

Ia menambahkan, Gubernur Port Said dan kepala kepolisian setempat telah mengundurkan diri dan pengunduran diri mereka diterima.

Meski kepengurusan EFA dibekukan, Presiden Federasi Asosiasi Sepak Bola Internasional (FIFA) Sepp Blatter meminta laporan rinci soal peristiwa tersebut pada EFA. Blatter mengingatkan, sepak bola "tidak boleh dicederai oleh mereka yang menargetkan kejahatan".

"Saya memahami sepenuhnya terguncangnya dan kemarahan negeri mereka mengingat bencana seperti itu seharusnya bisa dihindari," tulis Blatter dalam suratnya kepada Presiden EFA Samir Zaher. "Ini hari yang kelam dalam sepak bola dan kita harus mengambil langkah-langkah untuk memastikan petaka seperti itu tidak akan terjadi lagi. Sepak bola adalah kekuatan untuk kebaikan dan kami tidak akan membiarkan itu dicederai mereka yang menargetkan kejahatan."  

"Seperti telah dibicarakan melalui telepon pagi ini, saya menunggu berita dari Anda terkait situasi tragedi ini," lanjut Blater dalam surat tersebut.

Tidak lama setelah berbicara lewat telepon dengan Blatter, kepengurusan Zaher beserta jajarannya dibekukan oleh PM Mesir.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com