Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rusia Uji Coba Rudal Udara ke Udara Terbaru

Kompas.com - 26/01/2012, 14:10 WIB

MOSKWA, KOMPAS.com — Angkatan Udara Rusia telah melakukan uji coba rudal taktis udara ke udara lanjutan yang akan sangat menguatkan keampuhan operasinya.

Menurut Kolonel Jenderal Alexander Zelin, Selasa (24/1/2012), rudal tersebut juga akan segera dioperasikan oleh Angkatan Udara (AU) Rusia. Rudal akan diusung pesawat tempur multiperan (pencegat dan petempur) supersonik MiG-31 BM Foxhound dan rencananya setelah itu digunakan oleh pesawat tempur lain, kata Zelin.

Zelin mengatakan, senjata tersebut "sedang dalam percobaan di tempat uji AU Rusia". Zelin tidak menjelaskan senjata tersebut, tetapi para ahli menduga rudal yang dimaksud mungkin saja K-37M yang dikenal sebagai RVV-BD atau AA-X-13 Arrow seperti yang diketahui Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO).

K-37M adalah rudal penghancur pesawat jarak jauh yang dikembangkan secara khusus bagi jet pencegat MiG-31 BM. "Kemungkinan lainnya adalah rudal udara ke udara jarak jauh Vympel K-37 M (sekarang menjadi bagian TRV). Senjata itu merupakan penerus dari R-33 (yang dijuluki NATO sebagai AA-9 Amos) yang sebenarnya dikembangkan bagi MiG-31 semasa awal 1970-an," kata Douglas Barrie, ahli pertempuran udara dari Institut Internasional Penelitian Strategi di London.

Pengerjaan program K-37 dimulai pada 1980-an, tetapi kendala keuangan menunda penuntasannya, tambah Barrie. Rancangan rudal tersebut juga telah dikembangkan lebih jauh dari konsep aslinya. Awalan huruf "K" menyatakan bahwa senjata itu sedang dalam pengembangan sementara "M" menyimbolkan modifikasi.

Jenis ekspor untuk senjata itu dikenal sebagai RVV-BD yang ditunjukkan saat pameran kedirgantaraan Rusia, MAKS 2011. Untuk akhiran huruf "BD" mungkin diambil dari kalimat Rusia bolshoi dalnost yang berarti jarak jauh.

"Rudal K-37M sepertinya akan dikenal sebagai R-37M setelah senjata tersebut dioperasikan yang akan menjadi arsenal udara ke udara utama MiG-31BM sehingga menambah kemampuan jarak cegat AU Rusia dalam menangani pesawat tempur serta rudal jelajah," papar Barrie.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com