Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

19.000 Tentara AS Alami Serangan Seksual

Kompas.com - 25/01/2012, 22:11 WIB
Pieter P Gero

Penulis

PARK CITY, KOMPAS.com — Departemen Pertahanan Amerika Serikat memperkirakan, lebih dari 19.000 pria atau perempuan tentara AS pernah mengalami serangan seksual oleh rekan-rekannya sesama tentara selama tahun 2010.

Semuanya terjadi saat mereka bertugas. Sebanyak 20 persen dari perempuan tentara dan 1 persen pria tentara atau sekitar 500.000 personel tentara AS punya pengalaman seksual yang traumatis selama mereka bertugas.

Statistik yang meresahkan ini memotivasi Kirby Dick dan sutradara Amy Ziering membuat film The Invisible War yang menggambarkan epidemi serangan seksual dalam milliter AS.

Film ini disajikan dalam Sundance Film Festival untuk bertarung dalam kompetisi film dokumenter.

Film ini menggambarkan bagaimana kasus serangan seksual ini tidak pernah ditanggapi serius. Menurut studi pada 2009, hanya 8 persen dari pelaku serangan seksual dalam militer yang dihukum. Akibatnya, banyak korban, terutama perempuan tentara, yang trauma.

Salah satu contoh yang disajikan menyangkut Letnan Satu Ariana Klay dari Korps Marinir yang pernah diperkosa beramai-ramai oleh perwira senior dan sejumlah rekannya saat bertugas di barak marinir di Washington DC.

Suaminya, DC Klay, yang juga anggota marinir AS, mengaku istrinya sering menangis dan dia takut istrinya akan berupaya bunuh diri berkaitan dengan kasus pemerkosaan yang dialaminya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com