Turki Akan Perkuat Hubungan Ekonomi dengan Iran

Kompas.com - 19/01/2012, 10:36 WIB
EditorEgidius Patnistik

ANKARA, KOMPAS.com — Kementerian Lingkungan Hidup Turki menyatakan, negaranya bertekad untuk memperkuat hubungan ekonomi dan perdagangan dengan Iran dan negara-negara kawasan lainnya, kata kantor berita semi-resmi Anatolia, Rabu (18/1/2012).

Pernyataan kementerian tersebut dikeluarkan setelah pertemuan tertutup antara Menteri Lingkungan Hidup dan Urbanisasi Turki, Erdogan Bayraktar, dan tamunya, Menteri Luar Negeri Iran Ali Akbar Salehi, Rabu petang.

Turki dan Iran berencana untuk bersama-sama mendirikan peta-jalan baru dalam berbagai bidang dengan fokus khusus pada hubungan ekonomi dan perdagangan, kata kementerian lingkungan.

Kementerian itu menambahkan, perdagangan antara kedua negara mencapai 10,7 miliar dollar AS pada 2010 dan 14,9 miliar dollar AS dalam 11 bulan pada 2011.

Sebelumnya pada Rabu sore, Perdana Menteri Turki Recep Tayyip Erdogan, juga mengadakan pembicaraan dengan Menteri Luar Negeri Iran.

Menurut jadwal, Salehi juga akan bertemu dengan Presiden Turki Abdullah Gul di Ankara pada Kamis. Kantor berita Anatolia mengutip sumber yang dekat dengan perdana menteri mengatakan, Erdogan dan Salehi membahas isu-isu regional termasuk program nuklir Iran, situasi di Irak dan Suriah, serta hubungan bilateral.

Setelah kedatangannya di Ankara, Rabu, Salehi mengatakan pembicaraan mengenai program nuklir Iran bisa diadakan di kota Istanbul, Turki. Menteri luar negeri itu mengatakan kepada wartawan di bandara bahwa tanggal untuk perundingan nuklir antara Iran dan G5 +1 (lima anggota tetap Dewan Keamanan PBB dan Jerman) akan ditentukan segera.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X