Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Untuk Kabur, Imigran Panjat Pohon dan Pagar

Kompas.com - 09/01/2012, 18:31 WIB
Mukhamad Kurniawan

Penulis

KARAWANG, KOMPAS.com- Sempat berusaha kabur dengan memanjat pohon dan melompat pagar, sejumlah imigran asal Afganistan, Iran, Irak, dan Suriah akhirnya dikembalikan ke tempat penampungan di Jakarta, Senin (9/1/2012). Dari 60 imigran yang tertangkap, 22 di antaranya diketahui memiliki dokumen keimigrasian.

Mereka adalah sebagian dari 77 imigran yang kabur dari lokasi penampungan di Bogor lalu akan menuju Australia dan Selandia Baru melalui Surabaya. Akan tetapi mereka tertangkap di rest area Kilometer 57 Tol Jakarta-Cikampek di daerah Klari, Kabupaten Karawang, Minggu (8/1/2012). Mereka sebagian kabur dan tinggal 60 orang yang berhasil diserahterimakan dari polisi ke Imigrasi Karawang.

Dua imigran ketahuan memanjat pohon di kantor Imigrasi Kelas II Karawang. Mereka lantas turun dan bergabung dengan imigran lainnya yang kemudian ditahan sementara di Kantor Pendidikan dan Pelatihan Kabupaten Karawang.

Usaha kabur tak berhenti. Saat ditampung sementara di kantor pendidikan dan pelatihan, beberapa imigran juga berupaya memanjat pagar dan mengelabuhi petugas dengan pura-pura menunaikan ibadah. Beberapa diteriaki maling dan akhirnya kembali ke penampungan.

Direktur Penyidikan dan Penindakan Keimigrasian Dirman Sukardi seusai menjenguk para imigran mengatakan, 22 imigran diketahui memiliki surat-surat keimigrasian. Sebanyak 14 di antaranya bahkan mengantongi tiket pulang. Oleh karena itu mereka dibantu proses kepulangannya. Sementara imigran yang tanpa dokumen akan dikembalikan ke penampungan dan organisasi yang menanganinya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com